Breaking News:

Berita Gresik

Desa Sekapuk Gresik Bertekad Jadi Desa Miliarder di Tengah Pandemi, BUMDes Ditarget Rp 4 M Per Tahun

Deklarasi desa miliarder tersebut, diawali dengan motong tumpeng, kirab jajaran Pemdes, BPD, PKK, RT/RW, dan Bumdes.

surya.co.id/sugiyono
Suasana wisata Setigi Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik,  Rabu (2/9/2020). 

SURYA.co.id | GRESIK - Di tengah pemulihan ekonomi akibat pandemi coronavirus disease (Covid-19) Pemerintah Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik bertekad menjadi desa miliarder, Rabu (2/9/2020).

Desa ini mampu meningkatkan kreativitas masyarakat dan meningkatkan daerah pariwisata.

Kepala Desa (Kades) Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Abdul Halim, mengatakan, sebelumnya Sekapuk merupakan  desa tertinggal, sebab daerah yang kurang diperhatikan pembangunannya.

Seperti infrastruktur pembangunan, layanam transportasi bagi pemerintah desa dan lahan kosong yang terbengkalai.

"Di tengah Pandemi cobid-19 ini, kami kita ajak masyarakat untuk tetap gotong royong berkarya dan memaksimalkan lingkungan. Hasilnya, ada wisata alam Setigi, kebun pak inggih dan aneka ragam jajanan produksi ibu-ibu PKK serta masyarakat sekitar," kata Abdul Halim.

Banyaknya potensi alam dan kreativitas masyarakat, Abduk Halim optimistis bisa menjadi Desa Miliarder.

"BUMDes dengan target profitnya Rp 4 miliar pertahun, pendapatan asli desa menjadi 1,5 miliar. Belum lagi lapangan kerja ada 591 lapangan kerja baru dan ada 400 obligasi. Selama tahun ketiga pengabdian ini, Desa Miliarder bisa terwujud dengan semangat kebersamaan," katanya.

Deklarasi desa miliarder tersebut, diawali dengan motong tumpeng, kirab jajaran Pemdes, BPD, PKK, RT/RW, dan Bumdes. Rombongan mengendarai lima mobil operasional dan puluhan sepeda listrik, keliling desa mulai Balai Desa sampai Wisata Alam Setigi.

"Alhamdulillah, deklarasikan Sekapuk Desa Miliarder di Indonesia. Semua ini berkat kerja keras dan kebersamaan seluruh warga Desa Sekapuk. Semoga bernilai ibadah, ini untuk memotivasi dan inspirasi masyarakat dalam bangkit bersama di tengah pandemi," imbuh Abdul Halim yang dijuluki Ki Begawan Setigi.

Sebagai Desa Miliarder, Pemerintah Desa Sekapuk melengkapi kendaraan operasional berupa sebuah Toyota alphard untuk Pemdes, Grand Livina untuk PKK, Mazda Double Cabin untuk Pariwisata, Mitsubishi Xpander untuk BUMDes, dan sebuah mobil ambulans standar Covid-19.

Penulis: Sugiyono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved