Breaking News:

Bayi Karawang Sakit Atresia Bilier, Butuh Rp 2 M untuk Operasi. Ayahnya Bingung, Penyakit Apa Itu?

Bayi bernama Alula Syffa Hinata itu, harus menjalani operasi transplantasi hati dengan biaya sekitar Rp 2 miliar.

kompas.com
Bayi bernama Alula Syffa Hinata i 

SURYA.co.id I KARAWANG - Seorang bayi berumur tiga bulan di Karawang menderita sakit langka, Atresia Bilier.

Bayi bernama Alula Syffa Hinata itu, harus menjalani operasi transplantasi hati dengan biaya sekitar Rp 2 miliar. Ayah Alula, Yoga Dwi Putra mengungkapkan, putrinya lahir melebihi hari perkiraan lahir (hpl) melalui operasi sesar. Seminggu kemudian ia membawa anaknya kontrol karena mata dan kulit makin kuning.

"Pas kontrol langsung rawat inap. Hampir empat hari di inkubator. Katanya cuma kurang jemur atau kurang asi," ujar Yoga kepada Kompas.com melalui telepon, Rabu (2/9/2020).

Namun, saat menginjak umur dua bulan, Alula makin kuning. Yoga dan isteri pun panik.

Ia membawa putrinya ke Rumah Sakit Dewi Sri. Lalu dirujuk ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. Hampir tiga minggu ia menunggu untuk ke poliklinik.

"Karena kelamaan kita balik ke RS Dewi Sri minta rujuk ke RSUD Karawang. Dari RSUD (Karawang) tetap dirujuk ke RSHS," ungkapnya. Kepala Dinas Kesehatan Karawang kemudian menyarankan untuk dibawa ke RSPAD Gatot Soebroto karena alat lebih canggih dan dokter lebih banyak.

Apa itu Atresia Bilier?
Rupanya Alula menderita Atresia Bilier. Dilansir dari Alodokter.com, Atresia bilier adalah kelainan bawaan lahir atau kongenital yang ditandai dengan gangguan saluran empedu pada bayi baru lahir.

Meski jarang terjadi, namun kondisi ini tidak dapat dianggap sepele.

Transplantasi hati Di RSPAD, Alula menjalani operasi kasai atau operasi peemulaan. Kepada Yoga dan keluarganya, dokter berkata Alula harus menjalani operasi transplantasi hati. "Dokter bilang bapak sediain Rp 2 miliar untuk transplantasi hati," ungkap Yoga menirukan ucapan dokter kepadanya.

Mendengar itu, Yoga dan keluarganya tercekat. Ia bingung darimana ia memperoleh biaya transplantasi itu. Untuk berobat Alula, warga Sinarmulya, RT 001, RW 015, Kelurahan Karawang Wetan, Kabupaten Karawang itu mengandalkan hasil kerja sebagai freelance editor.

Yoga berharap pemerintah dan warga yang budiman membantu meringankan biaya berobat Alula. Sebab, biaya operasi itu tak dicover BPJS Kesehatan. Seorang kawan berinisiatif membuatkan donasi melalui Kitabisa.com di link berikut.

Editor: Suyanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved