Breaking News:

Arema Malang

Jeritan Arema FC soal Uang Muka yang Melayang Setelah Ditinggal Pelatih dan Pemain Asing

Manajemen Arema FC tidak akan menggunakan sistem kontrak dengan menggunakan uang muka (down payment) untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2020

Penulis: Dya Ayu | Editor: Fatkhul Alami
surya/hayu yudha prabowo
Pelatih Kepala Arema FC Mario Gomez (tengah) asal negara Argentina saat diperkenalkan ke publik oleh General Manager Ruddy Widodo. 

Editor: Fatkhul Alami

SURYA.co.id | MALANG - Manajemen Arema FC tidak akan menggunakan sistem kontrak dengan menggunakan uang muka (down payment) untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2020 dan selanjutnya.

Kebijakan sistem kontrak menggunakan uang muka atau DP dihapus karena dinilai sangat merugikan klub.

Arema FC harus ditinggalkan pelatih, Mario Gomez yang sebelumnya sudah menerima DP saat awal kontrak dan tak bisa bertahan hingga kompetisi Liga 1 2020 berakhir. Beberapa pemain juga tak berjodoh lama dengan Arema FC.

"Iya kami sudah tidak memberikan DP pada pemain ataupun pelatih. Ini nanti akan kami sampaikan di awal kontrak. Kami, 18 klub Liga 1 bersepakat untuk menghilangkan tradisi DP karena memang memberatkan klub," kata General Manager Arema FC, Ruddy Widodo pada Surya.co.id, Selasa (1/9/2020).

Ruddy menjelaskan, DP dinilai memberatkan klub. Ia memberi contoh, misalnya anggaran Arema 30 miliar permusim, maka direksi harus menyiapkan Rp 7,5 M di awal untuk uang muka konrak.

Sisa kontrak yang belum dibayar diberikan berupa gaji setiap bulannya. Namun ketika diperjalanannya pemain atau pelatih tak berjodoh dengan tim dan akhirnya pisah, uang DP yang diberikan tak bisa kembali.

"Ini cuma ada di Indonesia setahu saya. Pemain asing yang belum pernah bermain di sini tidak ada DP, mereka langsung kontrak dan gaji tiap bulannya," jelasnya.

Seperti diketahui, mundurnya Mario Gomez musim ini membuat Arema FC rugi besar. Sebab Mario Gomez telah menerima DP dengan nilai yang cukup fantastis.

Apalagi pelatih asal Argentina itu dikontrak dengan nilai termahal dalam daftar pelatih Arema selama ini. Nyatanya baru bekerja dua bulan kemudian kompetisi dihentikan, Mario Gomez kembali ke pelukan Borneo FC, klub lamanya musim lalu.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved