Single Focus

Tips Merawat Tanaman dalam Ruangan (Houseplant), Penghobi Baru Disarankan Pilih 3 Jenis ini 

Pandemi memunculkan tren hobi baru di masyarakat Surabaya. Salah satunya, menanam houseplant atau tanaman dalam ruangan.

Penulis: Christine Ayu Nurchayanti | Editor: Parmin
surya.co.id/habibur rohman
KECIL BERMANFAAT - Petani sekaligus pemilik 'Surabaya Plants' Fathiyah Amieni (Mimien) dengan aneka tanaman dalam ruangan (houseplant) di kawasan Kedurus Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pandemi memunculkan tren hobi baru di masyarakat Surabaya. Salah satunya, menanam houseplant atau tanaman dalam ruangan.

Namun, bagi penghobi baru tiga jenis tanaman ini disarankan untuk dipilih, yakni sansivera, aglonema, dan sirih gading.

Fathiyah Amieni, petani sekaligus pemilik Surabaya Plants mengakui banyak pehobi baru bermunculan sejak April 2020 lalu seiring merebaknya corona.

"Peningkatannya hampir 50 persen, baik dari anak kecil, remaja, sampai ibu-ibu. Biasanya mereka cari tanaman yang mudah dirawat," ungkapnya kepada Surya.co.id.

Houseplant atau tanaman dalam ruangan memiliki banyak kelebihan, di antaranya bisa hidup baik di dalam maupun luar ruangan.

"Perlakuannya juga lebih mudah. Selain itu, tidak memakan tempat yang banyak, sekarang kan orang-orang suka rumah yang minimalis. Houseplant cukup ditaruh di sudut ruangan, di atas meja, dan sebagainya," kata Mimien, sapaan akrabnya.

Houseplant bisa mempercantik ruangan dan membuat suasana menjadi lebih segar. Cocok sebagai dekoratif alami ruangan.

"Paling utama, baik untuk kesehatan, seperti bisa memurnikan udara dan menyerap radiasi. Oleh karena itu sebaiknya pilih tanaman yang bisa memproduksi oksigen saat pagi dan malam hari," katanya.

Bagi pehobi baru, Mimien menyarankan untuk memilih sansivera, aglonema, dan sirih gading.

"Kalau sekarang lagi musim sirih-sirihan ya. Tetapi kurang maksimal untuk oksigennya. Kalau sansivera, bisa lebih menyerap radiasi dan polutan indoor, seperti radiasi alat elektronik dan asap rokok. Tanaman yang lain mungkin bagus mengeluarkan oksigen, tapi tidak menyerap radiasi," terang Mimien.

Perlakuan berbeda

Menurutnya, rata-rata pembeli sudah pintar mengetahui cara perawatan houseplant.

Tanaman ini memang harus diperlakukan berbeda dengan yang lain.

"Kalau houseplant, bisa disiram seminggu sekali dengan cara dikeluarkan atau dijemur biar dia fotosintesis," katanya.

Jika sudah dijemur, maka bisa dikembalikan lagi di dalam ruangan. Hal ini terbilang mudah karena tidak banyak membutuhkan waktu perawatan.

"Media tanam juga pengaruh ya untuk ketahanan tanaman. Kalau di Surabaya, bisa pakai pasir Malang, sekam mentah atau bakar, dan batu apung," papaprnya.

Media tanam ini bisa diganti selama enam bulan sekali. Malah untuk sansivera, misalnya sansivera boncel, bisa lebih dari itu.

"Range harganya beragam ya, ada yang belasan ribu sampai jutaan rupiah. Kalau pemula, biasanya berani beli yang Rp 250.000," tandasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved