Single Focus

Hindari Kebosanan Saat Pandemi Dengan Houseplant

Banyak cara dilakukan di rumah untuk membunuh kebosanan selama pandemi covid-19. Salah satunya dengan houseplant.

Penulis: Zainal Arif | Editor: Eben Haezer Panca
surabaya.tribunnews.com/zainal arif
Ovin Dwi Yanani (38) Career Center Officer di Universitas Ciputra Surabaya melakukan kegiatan menanam tanaman didalam rumah di kawasan Bukit Palma Citraland Surabaya, Minggu (30/8). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kegiatan menanam tanaman di sebuah ruangan kini menjadi fenomena tren yang dilakukan sebagian masyarakat di tengah pamdemi Covid-19. Lantaran, banyaknya aktivitas yang dilakukan di dalam rumah, selain untuk gaya hidup sehat.

Ovin Dwi Yanani (38) melakukan kegiatan menanam tanaman indoor di rumahnya yang berada di kawasan Bukit Palma Citraland Surabaya.

Perempuan kelahiran Malang ini mengaku, menekuni kegiatan tanam-menanam tanaman sejak PSBB di berlakukan di Kota Surabaya.

"Karena kami sekeluarga lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, saya mempunyai sebuah ide untuk membeli beberapa tanaman indoor dan hiasan ala bali agar keluarga saya betah dan merasa suasana seperti di villa di Bali gitu," kata Ovin, Minggu (30/8).

Terlihat berbagai jenis tanaman dipilih dan dipelihara oleh ibu satu anak ini seperti tanaman paku pedang, paku sarang burung, sirih gading, monstera, dan aglonema yang diletakan di sudut-sudut ruangan, di atas meja, dan di atas hiasan.

"Saya memilih tanaman ini karena berdaun lebar dan berwarna hijau, sehingga memberikan kesan fresh terlebih saat pandemi. Saya dan suami lebih banyak bekerja di depan laptop, disamping saya memang cenderung menyukai tanaman daun-daunan dari pada tanaman bunga," ungkap perempuan yang bekerja sebagai Career Center Officer di Universitas Ciputra Surabaya.

Perempuan berzodiak Capricorn ini begitu memperhitungkan kontras warna tanaman dan background dalam memilih tanaman yang akan dipajang. "Pemilihan pot berwarna senada dengan dinding ruangan yang berwarna hitam, akan membuat warna hijau daun akan lebih terlihat, sehingga efek relax di mata akan lebih terasa," ujarnya.

Alternatif Imun Tubuh

Selain untuk dekorasi, Ovin berharap, tanaman yang ia rawat di rumah ini dapat menjadi alternatif untuk dapat menjaga sistem kekebalan tubuh keluarganya.

"Saya ingin memperbaiki kualitas udara karena senyawa yang dikeluarkan tanaman membantu melawan polutan di udara sehingga sehat untuk kami sekeluarga bernafas," katanya.

Tak hanya itu, memelihara tanaman didalam rumah ini juga dipercaya Ovin sebagai cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

"Senyawa yang keluar dari tanaman bisa membantu mengurangi stress dan lebih rileks ini akan bermanfaat menjaga sistem imun keluarga saya," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved