Breaking News:

Berita Kediri

BUMDES Desa Gogorante, Kecamatan Ngasem Pasarkan Hasil UMKM dan Oleh-oleh Khas Kabupaten Kediri

Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Gogorante, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri diluncurkan pada Minggu (30/8/2020).

surya.co.id/farid mukarrom
Kepala Desa Gogorante Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri Jawa Timur Drs Rifai saat diwawancarai terkait keberadaan BUMDES di Kantor Desa setempat, Minggu (30/8/2020). 

 SURYA.co.id | KEDIRI - Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Gogorante, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri diluncurkan pada Minggu (30/8/2020).

BUMDES berbasis Koperasi penjualan olahan makanan dan minuman serta oleh-oleh khas Kabupaten Kediri ini bertujuan membangkitkan ekonomi warga sekitar. 

Kepala Desa Gogorante Drs Rifai menjelaskan bahwa ini (BUMDES) adalah program desa untuk meningkatkan pendapatan warga.

"Usaha ini berbasis pemasaran hasil olahan UMKM dari warga Desa Gogorante dan masyarakat Kabupaten Kediri," ujar Rifai, Minggu (30/8/2020).

Produk yang dijual BUMDES di Desa Gogorante Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri ini terdiri dari Pengerajin, Olahan Makanan, Minuman dan Batik. 

"Di tempat ini ada jualan Kue Basah, Kue Kering yang dari keseluruhan macam-macam olahan dititipkan di sini untuk menjadi pendapatan warga sekitar," tambah Rifai kepada SURYA.co.id

Selanjutnya dari setiap keuntungan penjualan akan dibagi untuk Desa dan warga yang menitipkan barangnya di BUMDES Gogorante. 

"Sebagian besar adalah warga Desa Gogorante karena kita prioritaskan untuk warga, namun juga ada orang diluar desa dari pemilik UMKM di Kabupaten Kediri juga nitipkan barangnya kesini," ucap Rifai. 

Rifai berharap melalui program ini dapat  membantu masyarakat khususnya di Desa Gogorante dalam membangkitkan ekonominya yang terpuruk akibat pandemi Covid-19. 

"Adanya program BUMDES ini UMKM dapat menyalurkan bantuan menjualkan prodak asli Gogorante, saya juga berharap kedepannya tempat ini bisa berkembang dan menjadi pusat oleh-oleh Kabupaten Kediri," pungkas Rifai.

Penulis: Farid Mukarrom
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved