Breaking News:

Single Focus

Berburu Inspirasi Houseplant Lewat Komunitas-komunitas

Houseplant menjadi salah satu aktivitas yang dapat dilakukan untuk membunuh kebosanan di rumah selama pandemi. Inspirasinya bisa dari komunitas.

Penulis: Sulvi Sofiana | Editor: Eben Haezer Panca
SURYA/Ahmad Zaimul Haq
HIJAU & SEJUK - Evilia Rosanti Yanuar Rizka (32) memenuhi suasana interior rumahnya di daerah Kutisari dengan sejumlah tanaman diantaranya Sirih Gading, Pandan, Beras Tumpah hingga Monstera menghiasi beberapa sudut ruangan di rumahnya. Kesan hijau dan sejuk akhirnya menjadi ciri khas dekorasi rumahnya disamping kesan shabichic. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Minimnya aktivitas di luar rumah selama pandemi mendorong beberapa orang mulai menanam tanaman atau berkebun.

Tak hanya untuk mempercantik taman dan halaman, tanaman yang juga berfungsi sebagai pembersih udara kini ditempatkan di dalam rumah.

Hal ini dilakukan Evilia Rosanti Yanuar Rizka (32). Di rumahnya yang terletak di kawasan Kutisari, sejumlah tanaman sirih gading, pandan, beras rumpah hingga monstera, menghiasi beberapa ruangan di rumahnya.

Kesan hijau dan sejuk akhirnya menjadi ciri khas dekorasi rumahnya disamping kesan shabichic.

Evilia mengaku, sejak komunitas homedecor yang ia ikuti mulai memasukkan tanaman di dalam rumah dan tanaman di dalam rumah menjadi tren, ia mulai merawat tanaman di dalam rumah.

"Pingin yang seger-seger juga di dalam rumah. Karena nggak ahli nanam, jadi yang gampang-gampang aja yang saya tanam seperti sirih gading,pandan, beras tumpah," urainya.

Ia pun mencoba metode menanam menggunakan air untuk sejumlah tanaman. Sehingga kesan bersih juga nampak di dalam rumahnya. "Milihnya yang tumbuh dulu, belum mikir bentuknya bagaimana," ujarnya.

Selain jenis tanaman yang bisa menambah kesan dekoratif, ia juga memanfaatkan variasi pot untuk dekorasi.

"Kalau tanaman sebagian dikasih ibu, kalau beli malah mati. Ini dikasih teman monstera juga barter sama hasil kerajinan saya. Yang modal ya beli pot biasanya," ujar wanita yang akrab disapa Evi ini

Baginya merawat tanaman di dalam rumah tidak begitu merepotkan. Ia memilih ruangan yang masih mendapat sinar matahari untuk menempatkan tanaman. Seperti di ruang tamu dan di ruang bermain di dalam rumah

"Karena masih kena matahari jadi tidak perlu geser tanaman terus-terusan. Paling hanya seminggu sekali saja jemurnya," ungkap ibu dua anak ini.

Beberapa tanaman, lanjutnya, juga di-rolling dengan tanaman di luar rumah. Tetapi tidak sembarangan tanaman yang dipilih karena tanaman juga membutuhkan adaptasi.

"Saya juga rutin ngelap daun tanaman karena ya berdebu. Ada anak-anak ya tantangan sendiri, awalnya sering disobeki atau ditarik daunnya. Tetapi setelah dikasih tahu ya ngerti," lanjutnya.

Kini ia semakin semangat karena komunitasnya kadang mengambil tema tanaman di dalam rumah untuk difoto dan berbagi di sosial media. Mulai dari tema tanaman di dalam kamar mandi, tanaman di ruang tamu atau tema lainnya. 

Hindari Kebosanan Saat Pandemi Dengan Houseplant

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved