Breaking News:

Berita Surabaya

Pengerjaan Sudah 70 Persen, Alun-alun Surabaya Bawah Tanah Ditarget Rampung 10 November

Setelah meresmikan plaza atas Alun-alun Surabaya, kini Pemkot Surabaya tengah mempercepat pengerjaan untuk alun-alun area bawah tanah

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Cak Sur
SURYA.co.id/Yusron Naufal Putra
Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Kota Surabaya, Iman Krestian 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Setelah meresmikan plaza atas Alun-alun Surabaya, kini Pemkot tengah mempercepat pengerjaan untuk alun-alun area bawah tanah. Targetnya, alun-alun di bawah Jalan Yos Sudarso itu dapat rampung pada 10 November mendatang.

Kepala Bidang Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Kota Surabaya, Iman Krestian mengatakan, saat ini progres pengerjaan sudah sekitar 70 persen.

"Untuk area bawah ini sekarang lagi proses pengerjaan, finishing kami uber, targetnya 10 November sudah bisa difungsikan," kata Iman, Sabtu (29/8/2020).

Proyek multiyears ini terbilang lebih cepat. Sebab, pengerjaannya memang tak sampai pada area di Jalan Pemuda nomor 17 yang masih bersengketa.

Rencananya, area bawah tanah ini bakal berkonsep lintas genre maupun berbagai macam jenis hiburan. Di mana warga dengan minatnya sendiri bakal bisa menikmati suguhan semacam pameran atau festival yang akan diadakan nantinya.

Di area yang memiliki luasan sekitar 2500 meter persegi itu, bisa juga dimanfaatkan para pegiat komunitas dari berbagai macam jenis untuk beraktifitas di sana atau mengadakan acara.

Selain itu, di basement ini juga bisa dimanfaatkan untuk bazar tertentu. Misalnya pameran UMKM yang nantinya bakal dijalankan tematik atau bergantung tema yang dijadwalkan.

Sehingga, menurut Iman, warga Kota Surabaya bisa punya jujugan sendiri dan alternatif sesuai selera. Ini akan terintegrasi dengan plaza atas Alun-alun Surabaya di kawasan Balai Pemuda.

"Ada bermacam genre yang bisa terfasilitasi di area bawah, basement itu," ujar Iman.

Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Surabaya, Baktiono mengatakan jika nantinya pada 10 November proyek itu dirampungkan maka seluruh fasilitas kepada warga sesuai konsep harus tersedia. Sehingga, jika benar-benar diresmikan, seluruhnya harus sudah lengkap.

"Jadi persiapan lain harus disiapkan, artinya kerja sama semua pihak (OPD) dengan instansi lainnya segera mulai saat ini melakukan persiapan," kata politisi PDI Perjuangan itu.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved