Breaking News:
Grahadi

Berita Surabaya

Pembukaan Bioskop Tunggu Lampu Hijau, Risiko Penularan Daerah Masih Tinggi Harus Direm

Pandemi covid-19 ini, yang terdampak besar adalah sektor pariwisata dan kesenian. JIka dipersentase angkanya mencapai 90 persen.

suryamalang/rifky edgar
Petugas saat melakukan sterilisasi tempat duduk pengunjung bioskop di Movimax Dinoyo City Kota Malang. 

SURYA.CO.ID I SURABAYA - Pemprov Jatim belum memberi lampu hijau pada industri bioskop untuk kembali membuka usahanya di tengah pandemi covid-19. Dan wacana pembukaan bioskop yang dolakukan Pemerintah DKI Jakarta belum diikuti Jatim dalam waktu dekat.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemprov Jatim, Sinarto, mengatakan pembukaan bioskop memang belum ada arahan langsung dari gubernur untuk memberikan izin.

Akan tetapi pada prinsipnya kelak perizinan untuk membuka kembali gedung bioskop akan tetap koordinasi dengan pemerintah daerah kabupaten dan kota .

 “Kalau masalah izin tentu nanti juga melibatkan kabupaten/kota karena berhubungan dengan pemetaan risiko penularan covid-19. Namun yang jelas sampai saat ini gubernur belum memberikan lampu hijau,” kata Sinarto pada Surya, Sabtu (29/8/2020).

Lebih lanjut ia menyebutkan, pembukaan gedung bioskop akan membawa angin segar bagi industri seni khususnya di perfilman.

Tidak hanya itu, dalam bisnis tersebut juga akan banyak yang akan mendapat multiplier effect. Seperti industri makanan, perfilman, dan juga tentunya ekonomi kecil menengah. 

Jika bioksop dibuka kembali tentu akan membawa dampak manfaat. Namun begitu tetap saja yang harus diperhatikan adalah risiko penularan.

Jika risiko penularan daerah masih tinggi menurut Sinarto harus direm dulu.

“Ini tentunya ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Namun yang terpenting adalah kesehatan dan keselamatan masyarakat. Jika akan dibuka juga harus ada pengondisian lebih dulu, simulasi atau prakondisi,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, bioskop mengalami penutupan akibat covid-19 sejak Maret 2020 lalu.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Anas Miftakhudin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved