Breaking News:

Apotek Online Lifepack

Jangan Sepelekan Hipertensi 'Silent Killer', Perhatikan Cara Pencegahan dan Mengatasinya

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit tidak menular yang perlu diwaspadai.

Foto Istimewa
Webinar yang digelar oleh Tribun Network dan Lifepack apotek digital yang berfokus pada obat penyakit kronis yang mengusung tema Fight! Hypertension The Silent Killer. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit tidak menular yang perlu diwaspadai.

Penyakit ini juga dikenal sebagai 'silent killer' karena sering tidak menunjukkan keluhan sehingga penderita tidak tahu dirinya mengidap hipertensi.

"Tahu-tahu, ternyata sudah komplikasi," ungkap dr Tunggul D. Situmorang SpPDKGH FINASIM Presiden Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia (PERHI) dalam webinar We The Health Series, Jumat (28/8/2020)

Hipertensi, ia melanjutkan, sangat berbahaya karena bisa menyebabkan komplikasi kesehatan, mulai dari penyakit jantung, stroke, bahkan kematian.

Dalam webinar yang digelar oleh Tribun Network dan Lifepack apotek digital yang berfokus pada obat penyakit kronis yang mengusung tema Fight! Hypertension “The Silent Killer” ini, dr Tunggul menegaskan bahwa hipertensi tidak boleh dianggap remeh.

"Beberapa gejala yang muncul di antaranya sakit kepala, sakit dada, jantung berdebar, letih, pengelihatan kabur, sakit tengkuk, sesak napas, dan kepala berputar," ungkapnya

Namun, gejala ini akan muncul saat hipertensi sudah berat. Umumnya, hipertensi tidak memberikan gejala.

Adapun faktor yang penyebab hipertensi yakni usia, asupan garap yang terlalu banyak, stres, keturunan, dan obesitas.

"Hipertensi akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Angka menunjukkan, pada usia lebih muda, hipertensi banyak menyerang laki-laki. Sementara berbanding terbalik saat sudah menginjak usia 60 tahun," kata dr Tunggul.

Sementara, penyakit ini akan tersulut dengan pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, minim alkohol, dan nutrisi yang tidak tercukupi.

Halaman
12
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved