Breaking News:

Berita Malang Raya

Dinkes Malang Ungkap Tiga Penyakit Pemicu Utama Kematian Pasien Covid-19

Ditambahkan Arbani, kematian pasien Covid-19 lebih banyak terjadi akibat komorbid non penyakit kardiovaskular, seperti jantung.

surya/erwin wicaksono
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, drg Arbani Mukti Wibowo 

SURYA.CO.ID, MALANG - Selama ini ada anggapan bahwa komorbid atau penyakit penyerta yang berkaitan dengan pernafasan seperti penyakit janting, adalah pemicu terbesar pasien penderita Covid-19.

Tetapi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang, drg Arbani Mukti Wibowo justru membeberkan ada tiga penyakit lain yang berperan lebih besar.

Penyakit jantung memang termasuk komorbid atau penyakit penyerta. ”Meski penyakit jantung adalah komorbid, namun tak terlalu berpengaruh atau efeknya tidak terlalu besar terhadap pasien yang terpapar covid-19,” ujar Arbani ketika dikonfirmasi, Kamis (27/8/2020).

Ditambahkan Arbani, kematian pasien Covid-19 lebih banyak terjadi akibat komorbid non penyakit kardiovaskular, seperti jantung. ”Secara persentase, pasien Covid-19 di Kabupaten Malang yang meninggal karena memiliki penyakit jantung mungkin hanya sekitar 10 persen," beber Arbani.

Presentase terbesar penyebab kematian pasien Covid-19 ternyata dipicu penyakit diabetes, penyakit paru dan organ hati.

”Seperti penyakit diabetes, penyakit pada organ paru-paru, hingga penyakit yang menyerang organ hati seperti hepatitis dan sirosis,” beber pria yang mengawali karier sebagai dokter gigi ini.

Pendapat Arbani didasarkan ilmu medis. Ada alasan penyakit kardiovaskular tidak begitu memicu kematian pasien Covid-19. Karena penyakit pada organ yang bertugas menerima dan memompa darah ke seluruh tubuh.

Sehingga tidak secara langsung menyerang sistem kekebalan tubuh. ”Berbeda dengan diabetes, paru, dan hati. Itu adalah penyakit yang menurunkan ketahanan tubuh. Sedangkan penyakit jantung itu tidak menurunkan ketahanan tubuh," ungkap Arbani. ***

Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved