Breaking News:

Citizen Reporter

Buku Sastra Pariwisata Referensi Pemda Kembangkan Pariwisata Berbasis Sastra dan Tradisi Lisan

Peluncuran buku itu juga menandai pisah sambut Novi Anoegrajekti yang berpindah tugas ke Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta.

sudartomo macaryus
Sudartomo Macaryus, salah satu penulis dalam buku Sastra Pariwisata, menunjukkan buku yang diluncurkan Rabu (26/8/2020). 

SURYA.co.id | Paket gaya hidup yang sedang dicari sebagian orang saat ini adalah berwisata. Tempat wisata dan kisah yang membawa orang mendatangi lokasi yang diyakini seperti dalam tuturan membuat berbagai daerah berlomba merancang wisata terbaik.

Di sisi lain, tempat wisata itu juga membuat peneliti sastra menggali informasi dan memperkaya wilayah sastra

Sastra pariwisata menguatkan pandangan mengenai fungsi kemanfaatan sastra sebagai ruang sosialisasi, promosi, dan destinasi wisata.

Itu yang diwujudkan saat peluncuran buku Sastra Pariwisata secara daring, Rabu (26/8/2020).

Peluncuran dilakukan dalam Sedaring Titian Baru Peluncuran Buku Sastra Pariwisata: Karya Kreatif, Inovasi Kritik, dan Industri Kreatif.

Peluncuran buku itu juga menandai pisah sambut Novi Anoegrajekti yang berpindah tugas dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember ke Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta.

Ide penulisan Sastra Pariwisata muncul saat Munas dan Konferensi Internasional HISKI yang berlangsung di Aceh 11-13 Juli 2019.

Salah satu artikel ditulis oleh Sapardi Djoko Damono berjudul “Mengemas Dongeng”.

Buku disiapkan selama 11 bulan dan diharapkan akan menjadi referensi bagi dinas pariwisata baik di provinsi maupun kabupaten/kota dalam pengembangan pariwisata berbasis sastra dan tradisi lisan.

Pisah sambut itu diwarnai dengan diskusi menarik dengan pembicara I Nyoman Darma Putra dari Universitas Udayana, Djoko Saryono dari Universitas Negeri Malang, dan Setya Yuwana Sudikan dari Universitas Negeri Surabaya.

Halaman
123
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved