Breaking News:

Citizen Reporter

Belajar Efektif dengan Modline-W2GY, Model Pembelajaran Daring SDN Langenharjo 2 Kabupaten Kediri

Berada di wilayah merah saat pandemi membuat guru dan siswa SDN Langenharjo 2 Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri mengubah cara belajar.

Foto: istimewa
Ah Burhanudin, peserta pelatihan menulis berita Citizen Reporter 

SURYA.co.id | Berada di wilayah merah saat pandemi membuat guru dan siswa SDN Langenharjo 2 Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri mengubah cara belajar dengan drastis.

Kondisi yang terjadi secara langsung mengharuskan guru pada lembaga ini menjadi lebih kreatif dalam menyampaikan materi.

Menyikapi hal ini, guru SDN Langenharjo 2 mengambil kebijakan dengan mengembangkan media pembelajaran model daring yang dirasa paling aman, efektif, dan efisien.

Media pembelajaran yang dimaksud adalah Modline-W2GY yang merupakan kepanjangan dari Modul Online WhatsApp, Website, Google Form, dan YouTube.

"WhatsApp digunakan untuk komunikasi antara siswa, orang tua, dan guru selama proses pembelajaran. Website berperan sebagai media belajar yang memuat materi pembelajaran. Keunggulannya, itu dapat memuat materi pelajaran tertulis dan video pembelajaran melalui YouTube. Keunggulan lainnya adalah mudah digunakan oleh siswa tanpa menginstal aplikasi apa pun," tutur Sriani, Kepala SDN Langenharjo 2, Sabtu (22/8/2020).

Secara keseluruhan bagian-bagian Modline-W2GY terdiri atas materi pembuka, materi inti, dan materi penutup.

Materi pembuka berupa video pembelajaran yang memuat salam pembuka, cara menjaga hidup sehat selama masa pandemik, dan semangat belajar bagi siswa.

Bagian isi Modline-W2GY terdiri atas tiga muatan materi, yaitu (1) Ayo Membaca yang merupakan uraian materi dengan bentuk tertulis untuk menambah pengetahuan yang dipelajari siswa; (2) Ayo Menyimak yang memuat materi pembelajaran berbentuk video untuk menguatkan dan menjelaskan materi yang telah dipelajari pada bagian ayo membaca; (3) Ayo Berlatih. yang memuat latihan soal dari Google Form dalam bentuk isian dan pilihan ganda.

Bagian terakhir dari Modline-W2GY adalah bagian penutup. Muatan dalam penutup berupa tayangan video yang berisi refleksi pembelajaran, pesan moral, pesan tentang kesehatan, dan salam penutup.

Tidak lupa pemberian semangat kepada siswa agar tetap rajin belajar. Pembelajaran model ini adalah pembelajaran yang sangat efektif dan juga aman.

Selain siswa dapat mengerjakan latihan uji kompetensi, siswa juga tetap bisa memperoleh materi bahan ajar secara lengkap. Selain itu mereka juga tetap bisa berkomunikasi dengan guru secara intens.

"Kami sangat terbantu sekali dengan pembelajaran seperti ini. Selain aman, kami juga bisa mendampingi belajar anak-anak dengan membaca materi dan melihat video pembelajaran di Modline-W2GY. Dengan modul ini pembelajaran menjadi sangat mudah difahami orang tua maupun anak." tutur salah satu orang tua siswa.

Semoga sekolah-sekolah lain bisa menerapkan dan menggunakan model dan media pembelajaran semacam ini, agar penularan covid-19 di dunia pendidikan dapat dicegah dan tentu saja keluh kesah orang tua karena materi pembelajaran yang sulit dapat teratasi, serta pembelajaran di masa Pandemik Covid-19 tetap bisa optimal (abn).

Ah Burhanudin
Peserta pelatihan menulis berita Citizen Reporter #1
Guru dan Praktisi pendidikan
Ahburhanudin12@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved