Breaking News:

Travel

Wisata Gunung Bromo Kembali Dibuka 28 Agustus 2020, Pengunjung Wajib Kantongi Ini

Wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Jawa Timur akan dibuka kembali tanggal 28 Agustus 2020.

surya.co.id/hayu yudha prabowo
Kawasan Wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) 

SURYA.CO.ID, MALANG - Wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Jawa Timur akan dibuka kembali tanggal 28 Agustus 2020.

Pembukaan tersebut dilakukan dalam rangka menghadapi kehidupan baru yang adaptif dan menggerakkan lagi sektor perekonomian di kawasan TNBTS.

Kepala Balai Besar TNBTS, John Kennedie mengatakan, pembukaan wisata di TNBTS berdasarkan hasil kesepakatan empat kepala daerah di Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Lumajang.

Serta menindaklanjuti surat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan tentang reaktivasi bertahap kawasan taman nasional, taman wisata alam, dan suaka marga satwa untuk kunjungan wisata alam dalam kondisi transisi akhir Covid-19.

"Semuanya kini telah disetujui. Dan kami sepakat tanggal 28 Agustus 2020 wisata Bromo Tengger Semeru mulai dibuka tepat pukul 13.00 WIB," ucapnya dalam konferensi pers, Selasa (25/8/2020).

Meski demikian, pembukaan wisata tersebut hanya berlaku untuk wisata di Gunung Bromo.

Sedangkan untuk Gunung Semeru, rencananya akan dibuka kembali dalam 14 hari ke depan usai wisata di Gunung Bromo dibuka.

Para pengunjung yang akan berlibur ke Gunung Bromo juga diharuskan melakukan pembelian tiket via online.

Yakni melalui website www.bookingbromo.bromotenggersemeru.org dengan membatasi jumlah pengunjung sebesar 20 persen dari daya tampung wisata di TNBTS.

"Jadi sementara ini dibuka dengan dibatasi 20 persen saja. Dan nanti tiap pekan akan kami evaluasi. Nanti secara bertahap 20 persen, ke 30 persen hingga 50 persen," ucapnya.

Selain itu, para wisatawan yang akan berlibur ke Gunung Bromo juga diharuskan membawa surat keterangan sehat bebas infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) dari puskesmas.

Selanjutnya harga tiket untuk hari biasa bagi wisatawan lokal sebesar Rp 29.000 di hari biasa, dan Rp 34.000 di hari libur.

Sementara wisatawan mancanegara harga tiketnya sebesar Rp 200.000 hari biasa dan Rp 220.000 di hari libur.

"Ya harapan kami dengan dibukanya kembali wisata TNBTS bisa menghidupkan lagi perekonomian warga. Dan mudah-mudahan juga tidak ada penularan Covid-19. Karena protokol kesehatan juga kami terapkan saat dibuka nanti," tandasnya. (Rifky Edgar)

Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved