Breaking News:

Tujuan Utama KlikDokter dan BKKBN Luncurkan Aplikasi KLIKKB

KlikDokter bersama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengembangkan dan meluncurkan aplikasi yang dinamakan KLIKKB

Foto: bkkbn
Peluncuran aplikasi KLIKKB yang diluncurkan KlikDokter dan BKKBN untuk pengendalian penambahan penduduk dari kehamilan yang tidak direncanakan karena imbas pandemi yang membuat akses pada kontrasepsi terhambat. 

SURYA.co.id | SURABAYA - KlikDokter bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) meluncurkan aplikasi KLIKKB.

Peluncuran Ini merupakan salah satu upaya keduanya dalam membantu pemerintah untuk mengendalikan meledaknya jumlah penduduk terkait pandemi Covid 19.

Acara peluncuran disiarkan secara daring dan dihadiri oleh 500 orang di platform Webex dan 600 orang di kanal Youtube.

"Kerjasama KlikDokter dan BKKBN ini dilakukan sebagai respon cepat terhadap perkembangan terbaru yang terjadi di Indonesia," kata Kepala BKKBN Dr (HC) dr Hasto Wardoyo, SpOG (K), Senin (24/8/2020).

Adanya penurunan cukup drastis dalam penggunaan kontrasepsi selama pandemi Covid-19 mengakibatkan peningkatkan jumlah kehamilan tidak direncanakan 17.5 persen pada skala nasional.

Hasto menegaskan, peningkatan angka kehamilan sebesar 17,5 persen bukan angka yang kecil.

"Angka ini berarti untuk setiap 100 kehamilan, ada 17 kehamilan yang tidak direncanakan. Hal ini sangat mungkin terjadi karena kurangnya akses Pasangan Usia Subur terhadap pelayanan kontrasepsi," jelas Hasto.

Berbagai penyebab seperti kekhawatiran akseptor KB untuk menggunakan fasilitas kesehatan, adanya provider yang tidak membuka layanan, ataupun terhambatnya menuju tempat pelayanan karena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), menjadi faktor-faktor yang membuat Pasangan Usia Subur tidak memiliki akses untuk mendapatkan kontrasepsi.

Padahal, pelayanan kontrasepsi harus terus dilakukan untuk memenuhi tujuan perencanaan keluarga yaitu menunda kehamilan, menjaga jarak antar kelahiran, dan mengakhiri kesuburan.

Adanya kebutuhan digitalisasi terhadap pelayanan kontrasepsi kepada Pasangan Usia Subur di masa pandemi Covid-19 ini ditanggapi dengan baik oleh KlikDokter dan BKKBN dengan meluncurkan aplikasi KLIKKB.

Halaman
123
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved