Breaking News:

Berita Ekonomi Bisnis

Meski Alami Penurunan Kapasitas, Forkas Optimis Era Tatanan Baru Dorong Pertumbuhan Ekonomi Jatim

Forum Komunikasi Asosiasi Pengusaha (Forkas) Jawa Timur berharap kondisi ekonomi di semester II tahun 2020 ini Jatim bisa bertumbuh positif.

Foto:forkas jatim untuk surya.co.id
Ketua Umum Forkas Jatim, Nur Cahyudi saat menyerahkan donasi yang diterima langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Minggu (23/8/2020).  

SURYA.co.id | SURABAYA - Forum Komunikasi Asosiasi Pengusaha (Forkas) Jawa Timur berharap kondisi ekonomi di semester II tahun 2020 ini Jatim bisa bertumbuh positif.

Meski diakui Nur Cahyudi, Ketua Umum Forkas, masih banyak sektor industri yang mengalami penurunan kapasitas produksi akibat dampak pandemi covid 19.

"Sekarang ini kita masih berada dalam situasi yang kurang baik. Semua sektor mengalami penurunan kapasitas," kata Nur Cahyudi, disela menyerahkan donasi Forkas untuk penanggulangan penyebaran Covid 19 ke Pemprov Jatim, Minggu (23/8/2020).

Industri yang mengalami penurunan kapasitas antara lain, industri furniture, yang mengalami penurunan kapasitas mencapai 60 persen. Kemudian industri sepatu mengalami penurunan kapasitas 90 persen.

"Industri perhiasan juga sama. Pada Maret-Juni, industri perhiasan tutup dan baru kembali melakukan produksi. Sekarang di toko perhiasan, banyak orang yang menjual emas. Artinya daya beli masyarakat sekarang juga sudah mulai menurun," ungkap Nur Cahyudi.

Namun ditengah kondisi new normal ini, ada optimisme untuk  bisa kembali menggerakkan semua sektor industri di Jatim.

Saat ini pelaku usaha dituntut  untuk melakukan efisiensi tinggi.

"Kemudian melakukan diversifikasi produk, dan memperhatikan kualitas produk di samping menyesuaikan dengan daya beli masyarakat," ungkap Nur Cahyudi.

Sementara itu, untuk kegiatan donasi melalui Pemprov Jatim, forum komunikasi yang beranggotakan 33 asosiasi pengusaha ini, ada berbagai barang yang didonasikan.

Meliputi 40.790 masker medis dan non medis, 120 sepatu APD, 50.000 vitamin C dan 100 face shield.

Donasi diterima langsung Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di gedung negara Grahadi.

Nur Cahyudi menjelaskan bahwa bantuan kesekian kali ini merupakan upaya penanggulangan pandemi Covid-19.

"Jadi masalah pandemi bukan hanya tanggung jawab  pemerintah saja. Namun juga butuh komitmen dari sektor swasta agar bisa membantu kekurangan dari pemerintah," ungkapnya.

Walaupun dalam situasi seperti ini, pelaku usaha juga tidak berada dalam posisi mudah. Namun pihaknya memastikan para pengusaha turut berpartisipasi.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved