Breaking News:

Kalbe Farma Bersiap Uji Klinis Vaksin Corona Tahap Dua

Kalbe Farma sebelumnya melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan perusahaan obat biologi dari Korea Selatan, Genexine, Inc.

SURYA.co.id I JAKARTA - PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) bersaman Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mempersiapkan uji klinis tahap dua di Indonesia.

Kalbe Farma sebelumnya melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan perusahaan obat biologi dari Korea Selatan, Genexine, Inc. untuk mengembangkan vaksin corona virus baru atau Covid-19.

Kalbe dan Genexine sepakat untuk melakukan uji klinik GX-19 di Indonesia, yakni pengembangan vaksin DNA terhadap virus corona baru oleh konsorsium dengan Genexine, Binex, the International Vaccine Institute(IVI), GenNBio, the Korea Advanced Institute of Science & Technology (KAIST), and Pohang University of Science & Technology (POSTECH).

Presiden Direktur Kalbe Farma, Vidjongtius menyatakan saat ini vaksin Corona masih dalam tahapan uji klinis fase satu di Korea. Adapun sekarang juga sedang dalam persiapan protokol uji klinis fase dua di Indonesia sampai Oktober hingga November 2020.

"Saat ini persiapan protokol uji klinis, sedang dilakukan konsorsium dengan BPOM," jelasnya kepada Kontan.co.id, Minggu (23/8).

Vidjongtius menyatakan produk vaksin sangat dibutuhkan seluruh dunia sehingga potensinya besar. Belum lagi vaksin untuk indikasi atau penyakit lainnya.

"Ada kemungkinan Kalbe akan mengembangkan vaksin lainnya sambil melihat perkembangan virus yang muncul," tandas Vidjongtius.

Sebelumnya, pada (23/7), Sekretaris Perusahaan Kalbe Farma, Lukito Kurniawan Gozali menjelaskan sehubungan dengan kerja sama dengan Genexine Korea Selatan di dalam mengembangkan vaksin Corona, saat ini perusahaan sedang mempersiapkan proses uji klinis tahap dua di Indonesia.

"Diharapkan proses uji klinis dapat berjalan dengan baik sehingga vaksin Covid-19 dapat didistribusikan pada pertengahan 2021," paparnya dalam keterangan resmi.

Editor: Suyanto
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved