Breaking News:

Berita Jember

Bupati Jember Meraih Penghargaan dari Kemenag RI

Kemenag memberikan penghargaan kepada Bupati Jember, Faida terkait kebijakan dan kepedulian terhadap pendidikan Islam di Kabupaten Jember.

ist/diskominfo jember
Menteri Agama Fachrul Razi ketika memberikan penghargaan kepada Bupati Jember Faida  

SURYA.co.id | JEMBER - Kementerian Agama memberikan penghargaan kepada Bupati Jember, Faida terkait kebijakan dan kepedulian terhadap pendidikan Islam di Kabupaten Jember.

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Menteri Agama Fachrul Razi saat pembukaan Focused Group Discussion (FGD) Kelulusan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Tahun 2020, Jumat (21/8/2020) malam.

Bupati Faida mengucapkan terimakasih atas penghargaan yang diberikan kepada bupati dari Pemkab Jember tersebut. Dia menegaskan, selama kepemimpinannya bersama Wakil Bupati KH Muqit Arief, Pemkab Jember memrogramkan beasiswa bagi generasi muda Jember hingga perguruan tinggi. Beasiswa untuk mahasiswa itu baik mereka yang menempuh studi di strata-1, hingga strata-3.

“Nanti ke depan akan kami siapkan lebih banyak lagi beasiswa serta akan mengawal generasi terbaik, termasuk hafidz dan hafidzah, karena mereka adalah generasi terbaik yang patut mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Jember,” tegas Bupati Faida, Minggu (23/8/2020).

Perihal beasiswa untuk mahasiswa di PTKIN, Faida menyebut jumlahnya mencapai lebih 4.600. Penerimanya adalah mahasiswa S-1 hingga S-3 yang menempuh studi di 11 PTKIN di seluruh Indonesia. Dia menyebut anggaran untuk beasiswa itu mencapai Rp 47,7 miliar yang diambilkan dari APBD Kabupaten Jember.

Sementara jumlah keseluruhan penerima beasiswa dari APBD Jember lebih besar. “Total mahasiswa yang mendapatkan beasiswa hingga saat ini sebanyak 12.500 mahasiswa asal Jember di perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia,” ungkapnya.

Menurutnya, program beasiswa itu untuk membangun sumber daya manusia itu juga mengawal sebanyak 3.000 anak yatim piatu, agar dapat melanjutkan pendidikan sampai ke perguruan tinggi.

Penghargaan kepedulian pengembangan pendidikan Islam tersebut juga menilai Kabupaten Jember sebagai kabupaten yang peduli madrasah diniyah. Kepedulian itu dalam bentuk dukungan biaya operasional.

Di pendidikan non formal, Pemkab Jember juga memberikan insentif dan asuransi kesehatan kepada sebanyak 15 ribu guru ngaji beserta keluarganya. Asuransi kesehatan yang dibiayai Pemkab Jember itu juga dinikmati oleh takmir masjid dan keluarganya.(adv)

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved