Breaking News:

Travel

Libur Panjang, Jumlah Penumpang Bandara Juanda Alami Peningkatan 24 Persen

Jumlah penumpang penerbangan domestik pun tercatat alami peningkatan 24 persen jika dibandingkan pada saat libur Hari Raya Idul Adha.

surya.co.id/ahmad zaimul haq
Suasana penumpang di Bandara Internasional Juanda saat libur panjang HUT Kemerdekaan RI ke-75. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Momentum musim libur panjang pada peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-75 dimanfaatkan warga untuk berpergian melalui Bandar Udara Internasional Juanda.

Jumlah penumpang penerbangan domestik pun tercatat alami peningkatan 24 persen jika dibandingkan pada saat libur Hari Raya Idul Adha.

"Pada periode liburan kali ini tercatat jumlah penumpang dari tanggal 14 Agustus hingga 19 Agustus telah mencapai 86.923 penumpang. Sedangkan pada libur Hari Raya Idul Adha 70.141 penumpang terhitung tanggal 28 Juli hingga 2 Agustus," kata General Manager Bandara Internasional Juanda Surabaya, Heru Prasetyo, Sabtu (22/8/2020) di T1.

Sementara untuk pergerakan pesawat, Heru mengatakan, Bandara Juanda melayani sebanyak 982 penerbangan atau meningkat 21 persen dari periode libur sebelumnya sebanyak 814 penerbangan

Menurutnya jumlah pergerakan penumpang tertinggi perhari pada periode libur kali ini mencapai 17.869 penumpang pada tanggal 15 Agustus dan pergerakan pesawat tertinggi mencapai 180 penerbangan pada tanggal 14 Agustus.

“Puncak kepadatan keberangkatan dan kedatangan penumpang terjadi pada tanggal 15 Agustus yaitu sebanyak 9.806 penumpang yang berangkat dan 8.063 penumpang yang datang. Sedangkan untuk pergerakan pesawat yang berangkat cenderung stabil dengan jumlah 86 penerbangan keberangkatan dan puncak pergerakan pesawat yang datang terjadi pada tanggal 14 Agustus sebanyak 85 penerbangan,” jelasnya.

Kendati demikian, masih kata Heru, pihak pengelola bandara memperkirakan puncak kedatangan akan terjadi pada Hari Minggu tanggal 23 Agustus 2020 mengingat tanggal 21 Agustus menjadi hari libur cuti bersama yang ditetapkan oleh pemerintah.

Heru juga menambahkan harapannya semoga jumlah penumpang terus bertambah seiring berjalannya waktu serta juga pastinya tetap didukung dengan protokol kesehatan.

“Dengan terus bertambahnya jumlah penumpang kami juga terus memantau implementasi di lapangan terkait protokol kesehatan saat akan terbang atau datang sehingga memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengguna jasa," ungkap Heru.

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved