Breaking News:

Berita Malang Raya

Hasil Swab Test Negatif, Pencium Jenazah Positif Corona Tidak Ditahan

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata juga menjelaskan AS tidak ditahan meski berstatus tersangka.

surya/kukuh kurniawan
Pria pencium jenasah positif Covid 19 dibawa menuju ke Mapolresta Malang Kota untuk menjalani rapid dan swab test, Selasa (18/8/2020). 

SURYA.CO.ID, MALANG - Warga Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang berinisial AS (53) yang mencium jenazah anggota keluarganya yang positif Covid-19, Selasa (18/8/2020), tidak menjalani tahanan di Polresta Malang Kota.

Selain itu, AS diperbolehkan kembali ke keluarganya karena ternyata hasil swab test pria itu negatif. Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata juga menjelaskan AS tidak ditahan meski berstatus tersangka.

"Tersangka tidak dikenai penahanan sama sekali. Karena ancaman hukuman maksimal hanya 1 tahun penjara. Dan ia bukan termasuk dalam pasal pengecualian," kata Leo.

Seperti diberitakan sebelumnya, Polresta Malang Kota telah menaikkan status pria pencium jenasah positif Covid-19, AS dari sebelumnya saksi menjadi tersangka.

Penetapan AS sebagai tersangka dilakukan karena Polresta Malang Kota telah mengantongi lebih dari dua alat bukti. Sehingga kepolisian menaikkan status AS menjadi tersangka.

"Tersangka kami kenakan pasal 93 UU No. 6 Tahun 2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan. Karena disana (di lokasi kejadian), ia menghalangi halangi kaitan dengan petugas karantina kesehatan," jelasnya.

Sementara mengenai hasil swab test AS yang negatif, Leo membenarkan. "Jadi kami telah melakukan swab test kepada tiga orang, yaitu satu orang tersangka dan dua anggota keluarga tersangka," urai Leo.

"Dan hasilnya, tersangka dan satu orang anggota keluarganya negatif, sedangkan satu orang anggota keluarga dinyatakan positif," tambahnya.

Satu orang yang dinyatakan positif tersebut akan menjalani isolasi di rumah isolasi Covid-19 milik Pemkot Malang, di Jalan Kawi, Kecamatan Klojen. "Karena hasil swab test menunjukkan negatif, maka tersangka dan satu orang anggota keluarga tersangka itu kami pulangkan ke keluarganya," jelasnya.

Mantan Kapolres Batu itu juga menerangkan, kegiatan swab tes kepada tiga orang itu dilakukan di sebuah rumah sakit rujukan di Kota Malang. "Kami lakukan swab test kepada mereka di RS Lavalette," tambahnya.  ***

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved