Breaking News:

Berita Malang Raya

Aplikasi 'e-Pasar' Permudah Warga Malang Berbelanja di Pasar Tradisional

Sudah ada 23 pedagang yang memanfaatkan aplikasi tersebut. Setelah berbelanja, barang yang dipesan akan diantar kurir

surya/kukuh kurniawan
Pasar Bareng, Kecamatan Klojen, Kota Malang telah menerapkan aplikasi E- Pasar untuk memudahkan masyarakat berbelanja. 

SURYA.CO.ID, MALANG - Setelah sebelumnya menerapkan aplikasi e-Pasar di Pasar Oro Oro Dowo, kali ini Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Malang menjajal aplikasi berbelanja onlione itu di Pasar Bareng, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Account Executive e-Pasar Bareng, Khafidh Fidiansyah mengatakan, fasilitas berbasis digital tersebut akan memudahkan masyarakat yang berbelanja.

"Sudah ada 23 pedagang yang memanfaatkan aplikasi tersebut. Setelah berbelanja, barang yang dipesan akan diantar kurir. Barang belanjaan akan diantar ke rumah warga di kawasan Kelurahan Bareng, Pisangcandi, Kauman, dan Gadingkasri," terang Khafidh, Kamis (20/8/2020).

Khafidh menjelaskan, supaya transaksi berjalan lancar, tim inkubator yang didukung oleh Kadin Kota Malang akan melakukan pendampingan dahulu kepada pedagang pasar.

"Saat ini kami mengajarkan tata cara penggunaan aplikasi itu kepada pedagang. Diharapkan nantinya pedagang dapat mengoperasikan sendiri dan bertransaksi melalui aplikasi tersebut," tambahnya.

Sementara Wakil Ketua Bidang Perdagangan dan Distribusi KADIN Kota Malang, Dicky Sulaiman mengungkapkan, fitur e-Pasar diharapkan mampu menarik kembali minat pelanggan ritel modern ke pasar rakyat.

"Dalam aplikasi tersebut telah terpasang kejelasan harga dan memudahkan masyarakat untuk mencari barang kebutuhan. Selain itu ada feedback langsung dari konsumen terkait layanan lapak dan kualitas barang penjual," bebernya.

Fasilitas tersebut diharapkan dapat membantu Pemkot Malang untuk menekan angka penyebaran Covid-19, dengan menghindari kerumunan dan meminimalisir aktivitas luar rumah.

"Dengan aplikasi e-Pasar Malang, masyarakat dapat lebih mudah melakukan pemesanan barang untuk kebutuhan sehari-hari di pasar terdekat tanpa keluar rumah. Dengan pembayaran sistem COD maupun menggunakan EDC, pesanan akan diantar kurir ke alamat pemesan," tandasnya. ***

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved