Breaking News:

Berita Ekonomi Bisnis

Pemprov Jatim Ajak UMKM Digitalisasi Bisnis Bersama Grab agar Bisa #TerusUsaha

Head of East Indonesia Grab Indonesia, Halim Wijaya mengatakan, program ini dihadirkan di Jawa Timur lantaran memiliki jutaan UMKM .

Foto:grab
Suasana virtual peluncuran program #TerusUsaha, Selasa (18/8/2020). 

SURYA.CO.ID, Surabaya - Aplikasi serba bisa terkemuka di Asia Tenggara, Grab, secara resmi meluncurkan program #TerusUsaha di Jawa Timur sebagai langkah untuk meningkatkan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar bisa bangkit dan bertahan di tengah pandemi. Ketangguhan UMKM akan berpengaruh pada ketangguhan ekonomi provinsi.

Head of East Indonesia Grab Indonesia, Halim Wijaya mengatakan, program ini dihadirkan di Jawa Timur lantaran memiliki jutaan UMKM yang tersebar di 38 kabupaten dan kota, serta target market yang juga sangat besar.

"Kita sudah melihat bagaimana UMKM yang sudah terdigitalisasi akan mampu bertahan. Program ini dirancang untuk membantu jutaan UMKM tradisional supaya bisa bangkit, karena saat 1 UMKM tumbuh akan ada jutaan kemajuan disekitarnya," terang Halim dalam virtual peluncuran program #TerusUsaha, Selasa (18/8/2020).

Program #TerusUsaha merupakan solusi konkrit dari Grab Indonesia yang tahu betul kegelisahan dan tantangan masyarakat dan UMKM di tengah kondisi pandemi.

"Maka dari itu, Grab Indonesia meluncurkan program #TerusUsaha guna membantu dan memberikan nilai lebih pada UMKM dengan memberikan 7 solusi konkrit bagi Jawa Timur, termasuk iklan gratis, pelatihan UMKM, dan situs khusus agar mereka bisa saling belajar," urainya.

Menurut Halim, meningkatnya pertumbuhan UMKM akan memberi dampak positif tak hanya pada ekonomi nasional, namun juga pada diri mereka sendiri.

"Kalau UMKM tumbuh dan berkembang tak hanya ekonomi nasional yang terkembang namun lapangan kerja dan inklusi keuangan juga akan tercipta," ujar Halim.

Lewat program #TerusUsaha, Grab Indonesia ingin mewujudkan empat tujuan yakni, meningkatkan visibilitas dan permintaan, memberikan pelatihan keterampilan dan pertumbuhan bisnis kecil, menciptakan dan mendukung platform digitalisasi bisnis, serta menciptakan kesempatan pendapatan baru.

Empat tujuan itu, lanjut Halim, akan didukung melalui tujuh program solusi digitalisasi Grab Indonesia untuk Jawa Timur.

Salah satu langkah yang sudah dilakukan Grab Indonesia yakni, menjadi mitra pengantaran untuk aplikasi Lumbung Pangan milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

"Melalui teknologi GrabExpress, kami telah mengantarkan belasan ribu sembako secara aman kepada seluruh masyarakat di 28 kabupaten dan kota di Jawa Timur," jelasnya.

Program ini tentu disambut baik oleh Pemprov Jatim sebagai ekosistem bisnis digital untuk menciptakan siklus UMKM yang berkelanjutan dan bermanfaat terhadap ketahanan ekonomi.

"Program #TerusUsaha dapat menciptakan jutaan wirausaha baru sehingga mampu berkontribusi positif terhadap perekonomian Indonesia, khususnya bagi provinsi Jawa Timur. Pemprov Jatim mengapresiasi dan menyambut baik terobosan dan inovasi program #TerusUsaha serta percaya program ini dapat memberikan manfaat dan nilai tambah bagi UMKM juga seluruh lapisan masyarakat, terlebih dapat meningkatkan sektor ekonomi di Provinsi Jawa Timur. Saya mengajak seluruh UMKM Jawa Timur untuk #TerusUsaha dan bersama menyongsong ekonomi digital bersama Grab," ungkap Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak dalam sambutannya.

Grab Indonesia menargetkan dapat mengajak mengajak sebanyak-banyaknya UMKM di Jawa Timur untuk bergabung dengan program #TerusUsaha ini. Selama pandemi, Grab telah menyambut lebih dari 150.000 UMKM baru di Indonesia dan 32.000 pedagang tradisional dalam platformnya.

"Untuk UMKM yang ingin bergabung pun caranya cukup mudah. Hanya bermodalkan handphone yang sudah menginstall aplikasi Grab Merchant. Kemudian tinggal mendaftarkan diri secara online dan langsung bisa mengelola bisnis yang mereka punya. Jika tidak punya bisnis, bisa menjadi agen individu GrabKios dengan cara mengunduh aplikasi GrabKios dan mendaftar,” tandasnya.

Penulis: Akira Tandika Paramitaningtyas
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved