Breaking News:

Berita Lumajang

Dua Pohon Besar Tumbang Sempat Tutup Jalan Nasional Lumajang-Malang

Dua pohon berukuran besar tumbang dan sempat menutup akses Jalan Nasional Lumajang-Malang

Foto Istimewa BPBD Lumajang
Dua pohon berukuran besar tumbang dan menutup akses Jalan Nasional Lumajang-Malang, Selasa (18/8/2020) dini hari. 

SURYA.CO.ID, LUMAJANG - Dua pohon berukuran besar tumbang dan menutup akses Jalan Nasional Lumajang-Malang, Selasa (18/8/2020) dini hari.

Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi mengatakan, tumbangnya dua pohon itu sempat membuat akses jalur Lumajang-Malang di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro macet total.

"Tadi malam pukul setengah 2 kami dapat informasi di Jalan Nasional arah Malang KM 58 terjadi pohon tumbang. Setelah itu kami siagakan anggota untuk penaganan daruratnya. Pukul 04.00 pagi jalur sudah dibuka meski hanya sistem buka tutup. Dan hari ini informasi jalur mulai lancar," kata Wawan, Selasa (18/8/2020).

Pohon tersebut tumbang diduga karena usia pohon terlalu tua.

"Yang pohon bendo diameter kurang 170cm dengan panjang 30 meter. Kalau yang pohon beringin diameter kurang lebih 50 cm dengan panjang 30 meter. Kondisi pohon memang sudah lapuk ditambah lagi dengan angin yang kencang dan getaran dari arus lalu lintas karena daerah selatan jalur banyak dilalui truk tebu," ujarnya.

Beruntung, tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

"Ya syukur alhamdulillah tidak ada korban," ucapnya.

Namun ia mengimbau agar para pengendara selalu berhati-hati melewati jalur ini.

"Kami mengimbau pengendara dari Lumajang mengarah ke Malang atau sebaliknya, waspadai kilometer 53 sampai kilometer 59 yang rawan potensi longsor baik itu material tanah, batu dan pohon. Tadi malam terjadi tumbangnya pohon di km 58 itu," pungkasnya.

Penulis: Tony Hermawan
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved