Breaking News:

Berita Lumajang

Tahun Ini Pengajuan Pernikahan Dini di Lumajang Meningkat Dua Kali Lipat, Penyebabnya

Selain faktor usia, ada juga alasan lain. Para remaja terpaksa menjalani pernikahan dini, karena terlebih dulu hamil di luar nikah.

Istimewa
Pengadilan Agama Lumajang 

SURYA.CO.ID, LUMAJANG - Pengadilan Agama Lumajang mencatat jumlah pernikahan dini di Lumajang tahun ini meningkat dua kali lipat.

Pasalnya, hingga Jumat (14/8/2020), 607 pasangan di bawah umur mengajukan dispensasi nikah muda.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, angka ini sangat berbeda jauh. Dari Januari-Desember 2019, hanya ada 335 pasangan mengajukan dispensasi menikah muda.

Panmud Hukum Pengadilan Agama Lumajang, Teguh Santoso mengatakan, faktor yang menyebabkan angka itu naik karena adanya Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.

"Itu kalau Undang-undang No 1 Tahun 1974 mensyaratkan dispensasi nikah calon pria umur 19 tahun, untuk calon istri 16 tahun. Kemudian dirubah menjadi Undang-undang 16 Tahun 2019, persyaratan usia menikah untuk calon suami dan istri sama 19 tahun," kata Teguh, Sabtu (15/8/2020).

Kata Teguh, adanya perubahan aturan, kenaikan jumlah pernikahan dini di Lumajang naik sejak awal tahun. Biasanya, pengaju terbanyak adalah adalah wanita.

"Jadi faktor yang paling dominan sejak ada perubahan Undang-Undang pernikahan sejak 17 Oktober 2019 itu implikasinya pasti umur. Jadi misal wanita 16 tahun sudah boleh, tapi ada batasan usia 19 tahun itu, semakin banyak pengaju. Biasanya pengaju paling banyak wanita. Tapi ada juga laki dan wanita sama-sama belum cukup umur," ucapnya.

Selain faktor usia, ada juga alasan lain. Para remaja terpaksa menjalani pernikahan dini, karena terlebih dulu hamil di luar nikah.

"Ya yang paling dominan mereka sudah saling cinta kemana-mana berduaan dan sulit untuk dipisahkan lagi, bahkan ada yang sudah hamil," ungkapnya.

Teguh menilai, rata-rata pernikahan yang berangkat dari usia belum matang, biasanya rentan sekali sering bertengkar.

Halaman
12
Penulis: Tony Hermawan
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved