Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Gubernur Khofifah Sematkan Satyalancana Karya Satya untuk 2.694 ASN Pemprov Jatim

Tahun ini, Gubernur Khofifah menyematkan secara langsung sebanyak 2.694 penghargaan Satyalancana Karya Satya pada ASN

SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyematkan secara langsung sebanyak 2.694 penghargaan Satyalancana Karya Satya pada ASN di Gedung Negara Grahadi, Sabtu (15/8/2020). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Ada yang berbeda dalam kegiatan penyematan Satyalancana Karya Satya di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim).

Pasalnya, tahun ini Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyematkan secara langsung sebanyak 2.694 penghargaan Satyalancana Karya Satya pada ASN yang telah berikan anugerah oleh Presiden Joko Widodo.

Padahal, biasanya penghargaan yang diberikan untuk ASN yang telah mengabdi 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun itu biasanya disematkan secara simbolis dan perwakilan.

Namun, tahun ini acara penyematan dilakukan langsung pada setiap ASN dalam sejumlah sesi selama hampir sepekan berturut-turut.

Gubernur Khofifah mengatakan, bahwa penghargaan ini diberikan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 66/TK/Tahun 2020 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya.

Sebanyak 2.694 ASN di lingkungan Pemprov Jatim yang mendapatkan Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya dari Presiden Republik Indonesia terdiri dari Satyalancana Karya Satya Masa Kerja 30 tahun sebanyak 902 orang, Masa Kerja 20 tahun sebanyak 724 orang, serta Masa Kerja 10 tahun sebanyak 1068 orang.

"Sistemnya adalah kami mengajukan, dari pusat menyetujui. Tahun ini banyak ada 2000 lebih, kami ingin memberikannya secara langsung agar bisa menjadi penghargaan bagi yang menerima bahwa ini langsung dari presiden berdasarkan kepres, karena biasanya hanya simbolis lalu ada yang dikirim pos. Maka tahun ini kami ingin sematkan langsung penghargaan dari Presiden ini," kata Khofifah, Sabtu (15/8/2020).

Satyalancana Karya Satya merupakan tanda penghargaan kepada ASN yang telah berbakti selama 10 atau 20 atau 30 tahun lebih secara terus menerus. ASN yang menerima penghargaan tersebut dinilai memiliki loyalitas tinggi terhadap Negara.

Kepada seluruh ASN yang menerima penghargaan Satyalancana Karya Satya, Khofifah berpesan untuk tetap menjaga semangat, serta menguatkan rasa persatuan dan kesatuan, kebhinekaan, serta persaudaraan yang kuat.

"Kami ingatkan juga bahwa ASN adalah abdi bangsa. Maka penghargaan ini harus menjadi penyemangat untuk lebih baik lagi," katanya.

Ia juga berpesan agar di momen jelang pilkada serentak ASN harus menjaga netralitas. Para ASN harus menjaga marwahnya sebagai abdi negara. Dengan begitu kondusifitas bangsa akan terus terjaga. Tidak hanya itu, dalam momen jelang perayaan hari kemerdekaan ini ia juga mengingatkan agar ASN harus menjadi corong untuk mengampanyekan cinta produk dan belanja produk Indonesia sesuai dengan tema HUT Kemerdekaan RI yang ke-75 ini.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved