Breaking News:

Berita Tuban

Konsumsi BBM dan LPG di Kabupaten Tuban Meningkat Saat Masa Pandemi Covid-19

PT Pertamina (Persero) mencatat adanya tren kenaikan konsumsi BBM dan LPG di wilayah Kabupaten Tuban selama pandemi covid-19.

Penulis: M. Sudarsono | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/M Sudarsono
Konsumsi BBM di Kabupaten Tuban meningkat saat masa pandemi covid-19 

SURYA.CO.ID, TUBAN - PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) V Jatimbalinus, mencatat adanya tren kenaikan konsumsi BBM dan LPG di wilayah Kabupaten Tuban selama pandemi covid-19.

Hingga dengan akhir Juli 2020, perusahaan plat merah itu mencatat adanya kenaikan konsumsi BBM jenis Gasoline (Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo) sebesar 7.5 persen.

Kemudian BBM jenis Gasoil (Solar, Biosolar, Dexlite, Pertamina Dex) naik sebesar 20 persen dibandingkan dengan bulan Juni 2020.

"Semenjak dibukanya kembali kegiatan perekonomian dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, menjadi salah satu faktor kenaikan konsumsi BBM saat ini," kata Manager Communication, Relations dan CSR MOR V Jatimbalinus, Rustam Aji, Jumat (14/8/2020).

Dijelaskannya, adanya kenaikan konsumsi ini dikarenakan mulai diberlakukannya adaptasi kebiasaan baru dengan protokol kesehatan.

Data tercatat, pada bulan Juni 2020 kemarin, Pertamina mencatat konsumsi BBM jenis Gasoline sebesar 7.200 KL dan BBM jenis Gasoil sebesar 7.900 KL.

Sedangkan pada bulan Juli kemarin, penyaluran BBM di Tuban naik menjadi 7.700 KL untuk Gasoline dan 9.600 KL untuk Gasoil.

"BBM jenis Pertamax dengan persentase kenaikan sebesar 10 persen pada bulan Juli dibandingkan dengan bulan sebelumnya. BBM jenis Pertalite dengan persentase kenaikan hampir 8 persen dari Juni ke Juli," terangnya.

Selain BBM, penggunaan LPG 3 kg juga naik sebesar 5 persen dari 3.190 metrik ton (MT) pada bulan Juni menjadi 3.370 MT pada bulan Juli 2020 ini.

Peningkatan konsumsi LPG, salah satunya karena akhir Juli kemarin pelaksanaan Hari Raya Idul Adha, yang membuat aktivitas memasak dan penggunaan LPG bertambah.

"Pertamina berkomitmen untuk menyalurkan BBM dan LPG kepada masyarakat, termasuk yang merupakan penugasan dari Pemerintah," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved