Breaking News:

Berita Malang Raya

Jalur Khusus Sepeda Akan Ditambah Lagi di Sejumlah Jalan di Kota Malang

Pemkot Malang berencana akan menambah kembali jalur khusus sepeda di sejumlah jalan di Kota Malang.

SURYA.CO.ID/Rifky Edgar
Wali Kota Malang, Sutiaji bersama rombongan saat melaksanakan kegiatan gowes pagi pada Jumat (14/8/2020). 

Laporan Reporter, Rifky Edgar

SURYA.CO.ID, MALANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang berencana akan menambah kembali jalur khusus sepeda di sejumlah jalan di Kota Malang.

Penambahan jalur sepeda tersebut dilakukan, untuk memfasilitasi masyarakat yang gemar bersepeda agar mereka lebih nyaman di jalan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, Handi Priyanto mengatakan, bahwa penambahan jalur sepeda tersebut akan dilakukan di Jalan Ijen dan Jalan Veteran Kota Malang.

"Dari hasil survei kami, nanti di Jalan Veteran dan Jalan Ijen yang akan kami beri jalur khusus sepeda," ucapnya belum lama ini kepada SURYA.CO.ID.

Dia mengatakan, bahwa penambahan jalur sepeda tersebut akan dilakukan sebelum akhir tahun ini.

Anggaran yang dialokasikan kurang lebih sekitar Rp 200 Juta yang dianggarkan melalui PAK (Perubahan Anggaran Keuangan) APBD Kota Malang tahun 2020.

Alasan pemilihan Jalan Ijen dan Jalan Veteran, disampaikan Handi, karena kedua jalan tersebut banyak digunakan oleh masyarakat untuk bersepeda.

Apalagi pada saat akhir pekan, di kedua jalan tersebut sering dipadati oleh masyarakat yang gemar melakukan olahraga bersepeda.

"Sementara dua jalan itu dulu. Karena kami juga punya jalur sepeda di sekitaran Alun-alun yang kini kondisinya kurang terawat," ucapnya.

Untuk itu, pihaknya juga akan memperbaiki jalur sepeda yang berada di kawasan Alun-Alun Kota Malang itu.

Seperti melakukan pemeliharaan jalur sepeda dengan mengecat jalur agar lebih terawat.

"Di Alun-Alun itu sejak tahun 2016 lalu sudah ada jalur sepeda. Sekarang kondisinya tidak terawat dan catnya sudah mulai memudar. Dengan perbaikan nanti kami harapkan bisa lebih diperhatikan lagi oleh masyarakat," ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Malang, Sutiaji berharap dengan adanya jalur sepeda tersebut membuat masyarakat lebih mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

Dia juga menyampaikan, bahwa bersepeda memiliki nilai psikis yang dapat meningkatkan imunitas seseorang.

"Karena meningkatkan imunitas itu ada dua cara. Pertama mengkonsumsi nutrisi dan kedua berolahraga. Tapi apapun itu, ketika kita berolahraga, juga harus menerapkan jaga jarak dan pakai masker," tandasnya.

Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved