Breaking News:

Syarat Penerima BLT Rp 600Ribu Terdaftar Peserta BPJS Ketenagakerjaan, Bagaimana jika Tidak?

Syarat pekerja penerima BLT Rp 600ribu adalah terdaftar anggota BPJS Ketenagakerjaan. Lalu, bagaimana bagi yang tidak terdaftar? Simak selengkapnya.

Penulis: Arum Puspita | Editor: Adrianus Adhi
Dok BPJS Ketenagakerjaan
Ilustrasi BPJS 

Penulis : Arum Puspita | Editor : Adrianus Adhi

SURYA.co.id - Satu syarat pekerja penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp 600 ribu adalah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek).

Lalu, bagaimana nasib karyawan tidak terdaftar BPJS Ketenagakerjaan?

Melansir dari Kompas dalam artikel "Bansos Pekerja Rp 600.000, Bagaimana dengan yang Bukan Peserta BPJS Ketenagakerjaan?"

Menteri Keuangan, Sri Mulyani, mengatakan bahwa penyaluran bantuan kepada pegawai yang tidak terdaftar sebagai peserta BP Jamsostek adalah tantangan bagi pemerintah.

Kendati demikian, ia menilai pemerintah memiliki beragam alternatif bantuan sosial yang dapat diakses oleh masyarakat.

"Yang sekarang sudah ada bansos, PKH (Program Keluarga Harapan), sembako, dana desa, ini kan semua jumlah benefitnya sama, 600.000 selama empat kali," kata Sri Mulyani, Senin (10/8/2020).

Sementara, bagi pekerja yang terkena PHK, Sri Mulyani menyebut adanya program Kartu Prakerja yang dapat diakses.

Serupa perkataan Sri Mulyani, Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin meyakini bahwa kelompok pekerja formal yang tidak terdaftar dalam BP Jamsostek sudahmenerima bantuan dengan skema berbeda.

"Hampir semua segmen sudah diberikan, sudah tersentuh oleh program bantuan pemerintah yang lain. Segmen ini (pekerja informal) yang belum tersentu sehingga secara spesifik ini yang kami berikan," kata dia sebagaimana dikutip Kompas.com, 7 Agustus 2020.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved