Breaking News:

Berita Situbondo

Puluhan Rumah di Situbondo Rusak Diserang Massa Pesilat, Dadang Wigiarto: Usut Sampai Akar-akarnya

Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto minta kasus pengrusakan puluhan rumah warga dua desa oleh kelompok perguruan silat diusut sampai ke akar-akarnya

Penulis: Izi Hartono | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Izi Hartono
Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto bersama Kapolres AKBP Sugandi saat melihat kondisi rumah warga yang di rusak massa pesilat, Senin (10/8/2020). 

SURYA.CO.ID, SITUBONDO - Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto meminta agar kasus pengrusakan puluhan rumah warga di dua desa yang diduga diserang massa kelompok perguruan silat diusut sampai ke akar-akarnya.

"Sebagai pembelajaran, agar kasusnya perlu diusut sampai akar akarnya," ujar Bupati Dadang Wigiarto disela meninjau di lokasi kejadian kepada SURYA.CO.ID, Senin ( 10/08/2020).

Bupati Dadang menilai, kejadian ini pasti ada orang yang menggerakkan atau mengkordinir serta memprovokasi, sehingga menimbulkan sebuah kebencian antar kelompok.

"Latar belakang itu biar kepolisian yang mengusut, setidaknya penegakan hukum menjadi pembelajaran orang tidak boleh main hakim sendiri dan apalagi merugikan orang lain yang tidak tahu apa-apa," katanya.

Diduga, latar belakang kejadian itu bermula saat kelompok pesilat mengambil bendera yang dipasang warga untuk konvoi dan ditegur hingga menjadi kemarahan.

Saat ditanya ketua persatuan silatnya dari OPD, Bupati Dadang menegaskan, pihaknya akan memanggil dan meminta pertanggungjawabannya.

"Ya termasuk kerugian secara materialnya di masyarakat itu bagaimana," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, ratusan massa yang diduga dari kelompok persatuan silat, melakukan aksi pengrusakan sejumlah rumah warga di dua desa di Situbondo, Senin (10/08/2020) dini hari.

Rumah warga dua desa yang menjadi sasaran aksi massa itu, yakni rumah warga Desa Kayuputih, Kecamatan Panji dan warga Desa Tribungan, Kecamatan Mangaran.

Pengrusakan yang dilakukan massa persatuan silat itu, diduga dipicu balas dendam setelah sebelumnya massa persatuan silat bentrok dengan warga.

Akibat bentrok tersebut, empat warga mengalami luka-luka dan harus dilarikan ke Puskesmas Mangaran untuk mendapatkan penanganan media.

Ratusan Massa Diduga dari Persatuan Silat Serang Rumah Warga Dua Desa di Situbondo

Aksi anarkis ratusan massa itu terjadi sekitar pukul 02.30 WIB disaat warga tengah tidur. Ratusan massa datang dan langsung merusak dan melempari kaca rumah warga dengan batu hingga pecah.

Tak hanya itu, massa juga merusak beberapa mobil serta membakar kios bensin.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved