Breaking News:

Citizen Reporter

Gedasi selama Pandemi, Konsep KKN Tematik Mahasiswa UTM di Desa Majungan, Kabupaten Pamekasan

Gedasi dengan kepanjangan Generasi Muda Beredukasi merupakan konsep dari pengabdian masyarakat LPPM Universitas Trunojoyo Madura (UTM).

Foto: istimewa
Anak-anak mendapat edukasi terkait pandemi covid-19 dari Satgas Covid-19 Mahasiswa KKN Universitas Trunojoyo Madura. 

SURYA.co.id | Gedasi dengan kepanjangan Generasi Muda Beredukasi merupakan konsep dari pengabdian masyarakat LPPM Universitas Trunojoyo Madura (UTM). Itu dilakukan oleh Kelompok 90 KKN Tematik Satgas Covid-19 di Desa Majungan, Kabupaten Pamekasan.

Konsep pengabdian itu berupa kegiatan penyuluhan Covid-19 yang dikemas lebih menarik yakni antara lain beljar bersama saat pandemi untuk anak-anak dan kiat-kiat produktif di masa pandemi untuk remaja. Aktivitas yang dibimbing oleh Alfan Biroli selaku dosen lapangan itu berlangsung Rabu (15/7/2020).

Kegiatan itu menyasar generasi muda sesuai konsep Gedasi. Generasi muda merupakan kunci dari tercapainya tujuan untuk menimbulkan kewaspadaan serta semangat untuk mencegah dan melawan Covid-19.

Aktivitas yang pertama adalah belajar saat pandemi yang mengusung ide mengenai pengetahuan dasar tentang Covid-19 pada anak-anak.

Usia anak-anak adalah usia yang efektif untuk diberikan pengetahuan dasar Covid-19, sebab anak-anak cenderung bersikap positif.

Mereka dapat menjelaskan kepada orang tua atau bahkan mempraktikkan pencegahan Covid-19.

Kegiatan kedua berupa kiat-kiat produktif untuk remaja. Kebijakan belajar di rumah menyebabkan banyak remaja di Desa Majungan kebingungan mencari kegiatan.

Oleh sebab itu, pelaksana memberikan materi mengenai cara menulis karya sastra yang bisa menjadi lahan produktif bagi remaja itu.

Pengabdian LPPM UTM ini merupakan sebuah realisasi dari tugas sebagai mahasiswa. Generasi muda merupakan generasi yang akan melanjutkan pertumbuhan dan perkembangan dari desa itu.

Oleh sebab itu, Gedasi menyasar generasi muda agar bisa beredukasi untuk memajukan Desa Majungan. Ketika generasi mudanya telah berpendidikan maka kemungkinan besar akan maju pula desa itu.

Halaman
12
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved