Berita Pamekasan

Mahasiswa KKN UMM Gagas Program Hidup Sehat Cegah Covid-19 di Kelurahan Bugih Pamekasan

Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan 'Program Pengabdian Masyarakat di Kelurahan Bugih, Kabupaten Pamekasan.

Penulis: Kuswanto Ferdian | Editor: Eben Haezer Panca
surabaya.tribunnews.com/kuswanto ferdian
Mahasiswa KKN dari UMM Kelompok 92 saat memberikan bantuan dua tempat cuci tangan di depan gang pintu masuk RW 09, Kelurahan Bugih, Kecamatan Kota, Kabupaten Pamekasan, Madura, Minggu (9/8/2020). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian

SURYA.co.id | PAMEKASAN - Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan 'Program Pengabdian Masyarakat di Kelurahan Bugih, Kecamatan Kota, Kabupaten Pamekasan, Madura, Minggu (9/8/2020).

Para mahasiswa ini sedang menjalani KKN PMM gelombang IV.

Sejak berada di Pamekasan, mulai 22 Juli 2020 lalu, berbagai program perihal pencegahan penularan Covid-19 sudah dilakukan oleh KKN Kelompok 92 dari UMM yang berjumlah lima orang ini.

Program yang digagas oleh mereka yaitu 'Hidup Sehat untuk Pencegahan Covid-19', di Kelurahan Bugih, Kabupaten Pamekasan.

Koordinator KKN PMM UMM Kelompok 92, Alia Rizka Mansyur, mengaku sudah melakukan berbagai kegiatan sosial perihal pencegahan penularan Covid-19 selama berada di Kelurahan Bugih.

Di antaranya, memberikan bantuan dua tempat cuci tangan yang diletakkan di depan gang pintu masuk RW 09.

Tempat cuci tangan tersebut, kata dia, berupa dua bak besar yang sudah dimodifikasi diberi kran air.

Serta, dilengkapi juga dengan sabun yang dananya hasil dari sumbangan kelompok.

Perempuan yang akrab disapa Alia ini juga mengungkapkan, alasan diberikannya tempat cuci tangan itu.

Kata dia, sedari awal kelompok KKN-nya tiba di kelurahan tersebut, sama sekali tidak melihat tempat cuci tangan yang ada di depan pintu masuk gang.

Dengan adanya dua tempat cuci tangan di Kelurahan Bugih ini, ia dan kelompoknya ingin masyarakat setempat bisa meningkatkan kesadaran diri untuk selalu melakukan cuci tangan saat hendak melakukan aktivitas di luar.

"Waktu itu, kami juga sekaligus memberikan penyuluhan cuci tangan yang baik dan benar kepada perwakilan warga di RW 09, Kelurahan Bugih," kata Alia saat ditemui TribunMadura.com di posko KKN-nya.

Selain memberikan penyuluhan cuci tangan, Alia juga mengaku memberikan brosur edukasi sebanyak 100 lembar yang didalamnya berisi tentang protokol kesehatan dan anjuran untuk mencegah penularan Covid-19.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved