Breaking News:

Citizen Reporter

Khataman dan Imtihan Drive Thru, Ide Cerdas SD Al Falah Darussalam di Tengah Pandemi Covid-19

Prosesi khataman dan imtihan dilaksanakan secara drive thru. Siswa datang ke sekolah dengan protokol kesehatan secara ketat.

Foto: istimewa
Prosesi khataman dan imtihan secara drive thru dilaksanakan siswa SD Al Falah Darussalam dengan protokol kesehatan secara ketat. 

SURYA.co.id | Di tengah bergulirnya era new normal menjadikan semua lini beradaptasi dengan pandemi. Itu tidak terkecuali SD Al Falah Darussalam saat menyelenggarakan prosesi imtihan dan khataman Alquran secara daring dan drive thru dengan moda transportasi.

Khataman dan imtihan metode Darussalam ke-10 dihelat selama dua hari, Sabtu dan Minggu (27-28/6/2020).

Sabtu diisi prosesi daring berupa live streaming dimulai tepat pukul 08.00.

Pada hari pertama pelaksanaan khataman dan imtihan, setelah acara pembukaan dilanjutkan penyimakan bacaan Alquran oleh para siswa khatam kelas tahsin Alquran yang diawali oleh Muhammad Rafa al Faruq.

Selanjutnya diteruskan bergantian oleh para siswa kelas tahsin Alquran dari rumah masing-masing menggunakan aplikasi Zoom.

Tahun ini 187 siswa TK-SD dinyatakan lulus, 3 di antaranya siswa TK. Peserta kategori siswa terbaik diraih oleh Belva Hasnaamaira Risdianto dari kelas 4B dengan total nilai 36,7 dan rata-rata 9,2.

Sementara peserta kategori siswa termuda atas nama Andiena Reisha Shaquita yang duduk di kelas TK B2.

Kemeriahan khataman dan imtihan metode Darussalam ke-10 lebih dirasakan lagi pada hari kedua, Minggu.

Prosesi khataman dan imtihan dilaksanakan secara drive thru. Siswa datang ke sekolah. Protokol kesehatan secara ketat diberlakukan mulai dari memakai masker dan pelindung wajah, menjaga jarak, mengukur suhu badan, dan saat menerima ijazah tidak diperkenankan berjabat tangan serta menyiapkan penyanitasi tangan.

Pukul 07.00 acara dimulai. Pengambilan ijazah secara drive thru terjadwal dengan nomor urut peserta yang telah ditentukan.

Dengan mengendarai kendaraan pribadi, siswa mengambil ijazah. Alur pengambilan ijazah dengan skenario kendaraan masuk di pintu kedatangan, siswa turun mengambil ijazah, dan foto wisuda ditunggui orang tua di dalam kendaraan.

Urutan berikutnya, kendaraan berhenti, orang tua turun untuk foto bersama dan menerima konsumsi kemudian kendaraan menuju pintu keluar. Kendaraan peserta lain mengantre di belakang tidak diperkenankan turun dulu.

“Di tengah pandemi Covid-19 perlu upaya ide cerdas agar kegiatan tetap berjalan namun sesuai dengan protokol kesehatan,” terang Achmad Ali Masykuri, penanggung jawab bidang Alquran.

Sri Susmiyati
Guru SD Al Falah Darussalam Sidoarjo
susmi. itsme@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved