Breaking News:

Berita Ekonomi Bisnis

Fitch Ratings Indonesia Naikkan Peringkat Bank Bukopin Jadi AA-

Rating Watch Positif oleh Fitch Ratings Indonesia pada bulan Juli 2020 ini menetapkan peringkat nasional jangka panjang Bank Bukopin menjadi AA-(idn).

Foto: bank bukopin untuk surya.co.id
Direktur Utama Bank Bukopin, Rivan A Purwantono. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Rating Watch Positif oleh Fitch Ratings Indonesia pada bulan Juli 2020 ini menetapkan peringkat nasional jangka panjang Bank Bukopin menjadi AA- (idn) dari sebelumnya di BBB+ (idn).

Dengan kenaikan rating AA- (idn) dan predikat Rating Watch Positif ini, Bank Bukopin dimaknai sebagai perusahaan berkualitas dan sedikit lebih beresiko dibanding peringkat tertinggi yaitu AAA.

Rating tersebut masuk dalam kategori Investment Grade dengan arti, perusahaan yang berada di peringkat minimal BBB-, memiliki kemampuan yang cukup dalam melunasi utangnya.

Direktur Utama Bank Bukopin, Rivan A Purwantono, menyatakan bahwa kenaikan peringkat ini tidak lepas dari dukungan KB Kookmin Bank dan KB Financial Group.

"Penempatan Rating Watch Positif (RWP) mencerminkan keyakinan kami bahwa rencana akuisisi saham mayoritas di Bukopin oleh Kookmin akan memperkuat kendali bank berbasis di Korea tersebut terhadap Bukopin," kata Rivan, Minggu (9/8/2020).

Kenaikan peringkat sangat cepat dari Fitch Ratings ini tentu disambut dengan positif, dan akan menjadi katalis bagi Bukopin dalam meningkatkan kinerja.

Tidak hanya dalam rangka menjaga peringkat yang baik tapi juga untuk memberikan nilai tambah optimal baik bagi shareholders dan stakeholders.

Bank Bukopin baru saja menyelesaikan PUT V pada akhir Juli lalu.

Dari hasil PUT V tersebut komposisi pemegang saham Bukopin menjadi KB Kookmin Bank (33,
9 persen), Bosowa Corporindo (23,4 persen), Pemerintah (6, 37 persen), Publik di bawah 5 persen (36,33 persen).

Selanjutnya, Bank Bukopin akan melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 25 Agustus 2020 dan salah satu agendanya Persetujuan Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) oleh KB Kookmin Bank.

Sementara itu, Fitch Ratings Indonesia adalah perusahaan pemeringkat kredit internasional yang telah mendapatkan penghargaan Top 3 Economic Forecaster Worldwide 2020 berlokasi di Kuningan, Jakarta Selatan dan memiliki 100 tahun pengalaman di lebih dari 20.000 entitas di seluruh dunia.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved