Breaking News:

Pilbup Tuban 2020

PKB Mematangkan Nama untuk Diusung di Pilbup Tuban 2020, Fauzan Fuadi: Siapkan Kader dari NU Asli

PKB memastikan berada di luar dua poros yang telah terbentuk di Pilbup Tuban 2020. Saat ini, PKB tengah mematangkan nama untuk diusung dalam Pilkada

SURYA.CO.ID/Bobby Constantine Koloway
Wakil Sekretaris DPW PKB Jatim, Fauzan Fuadi. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memastikan berada di luar dua poros yang telah terbentuk di Pilbup Tuban 2020. Saat ini, PKB tengah mematangkan nama untuk diusung dalam Pilkada Tuban.

"Kami pastikan akan membentuk poros baru. Namun, kami belum bisa menyampaikan detail figur yang kami usung," kata Wakil Sekretaris DPW PKB Jatim, Fauzan Fuadi kepada SURYA.CO.ID ketika dikonfirmasi di Surabaya, Sabtu (8/8/2020).

Fauzan meyakini figur yang akan diusung dapat menandingi dua pasangan calon yang sudah ada.

"Kami siapkan dari kader internal sekaligus kader Nahdlatul Ulama (NU) asli. Ini sebuah keharusan," kata Fauzan yang juga Anggota DPRD Jatim dari dapil Tuban-Bojonegoro ini.

Termasuk soal koalisi partai, Fauzan juga menegaskan tak akan sendiri di pilkada. Sekalipun, kursi PKB yang berjumlah 16 kursi di DPRD Tuban lebih dari cukup untuk bisa mengusung calon.

"Kami juga mematangkan komunikasi lintas parpol. Prinsipnya, kami tetap membuka pintu koalisi," kata Fauzan yang juga Ketua Fraksi di DPRD Jatim ini.

Dengan stok kader yang melimpah dan jumlah kursi yang juga cukup, Fauzan menegaskan partainya tak akan terburu-buru menyikapi pilkada.

"Rekomendasi bisa turun minggu depan atau juga saat-saat terakhir jelang pendaftaran di KPU (awal September)," katanya.

Untuk diketahui, saat ini sudah ada dua pasangan calon yang telah memiliki rekomendasi partai. Pertama adalah pasangan Aditya Halindra Faridzki - Riyadi yang sementara diusung oleh Partai Golkar dengan Partai Demokrat (14 kursi).

Pasangan kedua adalah Eko Wahyudi - Agus Maimun. Pasangan ini kemungkinan akan diusung Koalisi Gerindra, PAN dan NasDem (10 kursi).

Di luar lima partai tersebut, masih ada sejumlah partai lain yang belum memberikan rekomendasi. Termasuk, PKB (16 kursi) dan PDI Perjuangan (5 kursi) yang pada pemilu 2019 menempati peringkat pertama dan ketiga peroleh jumlah kursi terbanyak di Tuban.

Pertengahan Juni lalu, PKB Jatim melalui Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jawa Timur, Anik Maslachah mengatakan partainya kemungkinan besar akan mengusung Khozanah Hidayati sebagai Calon Bupati (Cabup) di Pilkada Tuban. Satu di antara tolok ukurnya, Khozanah dinilai punya basis massa yang kuat.

Terbukti dari perolehan suara di Pemilihan legislatif lalu, Khozanah menjadi Caleg DPRD Jatim di dapil Jatim 12 (Tuban-Bojonegoro) dengan perolehan suara terbanyak, 113.142 suara. Sehingga, peluang untuk menang di Pilkada Tuban terbuka lebar.

Di sisi lain, Khozanah Hidayati mengungkap dinamika peta politik di internal pantainya juga ketat.

"Rekomendasi PKB untuk Pilbup Tuban 2020 masih abu-abu," kata Mbak Ana, sapaan akrabnya, Senin (3/8/2020).

Beredar informasi, ada satu nama lain di samping Khozanah yang juga disiapkan sebagai calon bupati. Namun, nama tersebut belum dibeber partai.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved