Breaking News:

Berita Surabaya

Mencicipi Aneka Kuliner dari Buah Bakau yang Kaya Manfaat di Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya

Ternyata tanaman mangrove atau bakau, buahnya bisa diolah menjadi aneka kuliner yang kaya manfaat. Ini buktinya

SURYA.CO.ID/Habibur Rohman
OLAHAN MANGROVE - Karyono menunjukkan aneka olahan berbahan buah mangrove di kawasan Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya, Sabtu (8/8/2020). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Tidak hanya sebagai destinasi ekowisata, ternyata tanaman mangrove atau bakau, buahnya bisa diolah menjadi aneka kuliner yang kaya manfaat.

Seperti yang dilakukan oleh Karyono (43), warga Medayu Utara, Rungkut, Surabaya. Sejak 2016, pelaku UMKM ini sudah memproduksi olahan buah mangrove.

"Awalnya dulu saya memproduksi minuman sari buah mangrove. Kemudian terus saya kembangkan, hingga sekarang ada 12 produk olahan," ungkap Karyono saat ditemui SURYA.CO.ID di kawasan Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya, Sabtu (8/8/2020).

Untuk membuat minuman sari mangrove, Kartono mengatakan tidaklah susah. Buah mangrove yang sudah matang dikumpulkan lalu dicuci bersih terlebih dahulu.

"Setelah itu baru dikupas, kemudian direbus sampai sekitar 20 menit. Sesudah itu disaring. Penyaringannya dilakukan tiga kali agar benar-benar tersaring sari dan ampasnya," terang pelaku UMKM ini.

Jika sudah, baru diberi gula, kemudian dikemas dalam botol. Produk minuman berbahan dasar buah mangrove ini bisa awet sampai tiga hari di suhu ruang.

"Kalau di kulkas bisa sampai satu bulan. Pernah satu minggu sudah fermentasi sehingga jadi legen. Kalau penyaringannya kurang bersih memang akan semakin cepat fermentasinya," kata Karyono.

Saat diteguk, lidah langsung disapa rasa asam bercampur manis dengan sensasi yang segar. Memang, buah mangrove identik dengan rasanya yang asam.

"Matang atau tidaknya buah mangrove dilihat mahkota buahnya. Kalau sudah lepas berarti sudah matang," ungkap Karyono.

Selain sari minuman mangrove, ia juga memproduksi ragam kuliner lainnya, mulai dari selai, nastar, sirup, sambal, peyek, permen, sampai cokelat. Semuanya berbahan buah mangrove.

Halaman
12
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved