Breaking News:

Berita Surabaya

Di Tengah Pandemi, UWKS Wisuda 403 Mahasiswa Secara Drive Thru

Di tengah Pandemi Covid-19, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya menggelar wisuda sarjana (S1) dan magister (S2) secara drive thru

SURYA.CO.ID/Zainal Arif
WISUDA DRIVE THRU - Ekspresi Kegembiraan wisudawan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) dengan cara drive Thru, Sabtu (8/8/2020). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Di tengah Pandemi Covid-19, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) menggelar wisuda sarjana (S1) dan magister (S2) di halaman dan Lobby D Kampus Pusat UWKS secara Drive Thru, Sabtu (8/8/2020).

Wisuda ini digelar karena tak ingin mengulur-ulur waktu lebih lama lagi untuk hari bersejarah bagi mahasiswa yang telah menempuh pendidikan bertahun-tahun. Mengingat mereka yudisium sudah sejak akhir Januari lalu.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Ir Soepriyono MT mengatakan sejatinya wisuda ini harusnya diselenggarakan pada 14 April 2020.

"Namun karena bulan Maret terjadi Pandemi covid-19, sehingga kami tunda dan rencananya akan disamakan dengan Peringatan Dies Natalis tanggal 18 Juni 2020. Namun kondisinya tidak menentu, jadi kami tidak berani," kata Soepriyono kepada SURYA.CO.ID, Sabtu (8/8/2020).

"Sampai akhirnya kami putuskan, tidak mau menunda-nunda lagi di tanggal 8 Agustus ini untuk melakukan wisuda drive thru bagi mahasiswa semester gasal," imbuhnya.

Sebanyak 403 mahasiswa melakukan wisuda pada hari Sabtu (8/8/2020) ini, dengan menerapkan berbagai protokol kesehatan, seperti cuci tangan, menggunakan face shield, hand sanitizer dan masker sebelum memasuki halaman kampus dengan kendaraan pribadinya.

"Seharusnya ada 444 mahasiswa diwisuda pada hari ini, namun karena 21 mahasiswa sudah berada di luar pulau yang tidak memungkinkan untuk melakukan prosesi wisuda, jadi yang ambil toga kemarin sebanyak 403 orang," ujarnya.

Dari seluruh wisudawan hari ini, 87 wisudawan di antaranya berpredikat cumlaude. Beberapa pula wisudawan terbaik pada jenjang S2 dengan IPK 3,94 adalah Fatchur Rozci M.Agr dari Prodi Magister Agribisnis dan sebagai wisudawan terbaik pada jenjang S1 dengan IPK 3,87 adalah Mentari Putri Lijaya SH dari Prodi Ilmu Hukum.

Sementara, teknis prosesi wisuda ini dilakukan mahasiswa dengan bersiap terlebih dahulu di kendaraan masing-masing kemudian dipanggil satu persatu sesuai nomor urut.

Namun sebelum masuk area halaman dan Lobby D Kampus Pusat UWKS, para mahasiswa diperiksa suhu tubuh oleh petugas saat mengendarai kendaraan baik mobil ataupun motor.

Di depan Lobby D Kampus Pusat UWKS, wisudawan turun dari kendaraan, setelah itu berjalan menuju dekan fakultas menerima piagam, memberi hormat pada Rektor UWKS, Prof H Sri Harmadji dr Sp THT-KL (K).
Kemudian mereka pun kembali dengan menaiki kendaraan pribadinya lagi dan diharuskan segera meninggalkan kampus.

"Wisuda ini memodifikasi dari cara-cara wisuda di perguruan tinggi lainnya, sehingga selain mengurangi resiko penularan juga dapat memberikan feel atau kesan mendalam bagi para mahasiswa yang melakukan prosesi wisuda hari ini," terangnya.

Wisuda drive thru ini nyatanya tidak mengurangi kegembiraan para wisudawan, meski harus mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

Wisudawan Fakultas Hukum, Briawan Amaludin Ismawara mengaku senang karena tidak melakukan wisuda online.

"Saya bersyukur karena hari ini saya bersama teman-teman bisa melakukan prosesi wisuda meski secara sederhana dan berbagai aturan, paling tidak saya bisa menggunakan toga disaat saya telah menyelesaikan pendidikan di kampus ini," ungkapnya.

Penulis: Zainal Arif
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved