Breaking News:

Tips Mudah Mengatasi Mesin Mobil Overheat

Bahkan dalam kondisi ektrem, mobil overhedad bisa menyebabkan mobil terbakar.

Pixabay
Ilustrasi: - Mobil Mogok dan terbakar 

SURYA.co.id I JAKARTA - Mesin mobil yang mengalami overheat, bukan saja bisa menyebabkan kerusakan fatal, tapi juga bisa mencelakai pengemudinya. Bahkan dalam kondisi ektrem, mobil overhedad bisa menyebabkan mobil terbakar.

Tapi jangan khawatir, pemilik bengkel AP Speed di Cipinang Jakarta Timur, Imam Choiri alias Apre, mengatakan, siapa saja bisa mengatasi masalah mobil overheat dengan cara berikut. P

Paling awal, segera tepikan mobil jika temperatur mesin mulai naik dengan drastis. Setelah berhenti di tempat yang aman, matikan mesin untuk menghindari kerusakan lebih parah.

“Sebab, sering kali overheat dapat menyebabkan komponen internal pada mesin jebol. Hal ini terjadi karena piston, atau klep mengalami pemuaian,” ujar Apre.

Saat komponen-komponen ini memuai, otomatis akan terjadi perubahan bentuk. Komponen internal mesin pun akan saling mendorong, dan akan mengganggu kinerja komponen lainnya.

“Selanjutnya, cek bagian radiator di ruang mesin, tapi harus hati-hati. Sebab kondisi kap mesin pasti panas sekali,” kata Apre.

“Selain itu tutup radiator jangan langsung dibuka, tungggu sekitar 30 menit, hingga tekanan air menurun,” ucap Apre. Kalau volume air radiator kurang, silahkan isi sampai level maksimum. Jika sudah penuh, nyalakan mesin saat kondisinya mulai dingin. Segera bawa ke bengkel terdekat untuk melakukan pengecekan lebih detail.

Editor: Suyanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved