Breaking News:

Berita Gresik

Pendonor Berkurang di Tengah Pandemi Covid-19, Stok Darah PMI Gresik Menipis

Berkuranganya pendonor di tengah pandemi covid-19 membuat ketersediaan stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Gresik, mulai menipis.

Penulis: Willy Abraham | Editor: Cak Sur
Istimewa
Petugas saat menata kantong darah di UTD PMI Kabupaten Gresik. 

SURYA.CO.ID, GRESIK – Berkuranganya pendonor di tengah pandemi covid-19 membuat ketersediaan stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Gresik, mulai menipis.

Menipisnya stok darah terjadi dalam beberapa hari terakhir. Banyak perusahaan besar yang belum aktif mengadakan kegiatan donor darah.

Biasanya, dalam sebulan saja sampai dua kali kegiatan donor darah dilakukan di lingkungan perusahaan.

Pasalnya, pendonor terbesar di Gresik berasal dari lingkungan perusahaan.

“Pendonor juga mulai berkurang dalam minggu ini. Stok darah saat ini 175 kantong,” kata Kepala UTD PMI Gresik, dr Jufrita, Jumat (7/8/2020).

PMI Gresik tetap berupaya menyiapkan stok darah dalam jumlah yang cukup. Untuk memenuhi permintaan Rumah Sakit (RS) di wilayah Gresik dan luar daerah, PMI Gresik mengajak masyarakat dan sejumlah komunitas untuk berdonor.

“Kemarin kami melakukan kegiatan donor di Kodiklatal Surabaya. Alhamdulillah kami mendapat tambahan stok darah sebanyak 350 kantong,” imbuh Jufrita.

Kegiatan itu juga melibat sejumlah PMI dari beberapa kota lain.

Pihaknya mengajak masyarakat untuk membantu warga yang sedang membutuhkan stok darah dengan cara berdonor. Karena setetes darah yang didonorkan sangat berarti bagi mereka.

Selama pandemi Covid-19 ini PMI Gresik berupaya melakukan kerja sama dengan sejumlah stake holder. Petugas PMI Gresik setiap hari berkeliling menggelar gerakan donor darah di beberapa titik. Salah satunya di Jalan Jakarta Gresik Kota Baru. Warga yang mendonor diberikan sembako.

“Pendonor wajib cuci tangan dan pakai masker serta dilakukan cek suhu tubuh. Kami tetap menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved