Breaking News:

Berita Malang Raya

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di Kota Batu Tinggi Diklaim Tinggi

Tingkat kematian akibat Covid-19 di Kota Batu terbilang rendah jika dibanding dengan Kota Malang dan Kabupaten Malang.

Istimewa
Ilustrasi - Suasana pelepasan pasien yang dinyatakan sembuh dari perawatan karena Covid 19 di RS 

SURYA.co.id | BATU – Tingkat kematian akibat Covid-19 di Kota Batu terbilang rendah jika dibanding dengan Kota Malang dan Kabupaten Malang.

Hingga Rabu (5/8/2020) siang, jumlah warga Kota Batu yang meninggal akibat Covid-19 tercatat sebanyak 12 orang.

Hal yang berbeda justru terlihat pada angka jumlah warga yang sembuh.

Dalam waktu yang sama, jumlah warga Kota Batu yang sembuh sebanyak 147 orang.

Pada 4 Agustus 2020, terdapat tiga orang tambahan kasus positif Covid-19 di Kota Batu, sehingga total warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Batu secara akumulatif sebanyak 173 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, M Chori mengatakan meskipun belum ada obat yang dapat menyembuhkan, namun kesembuhan bisa terjadi. Kesembuhan terjadi datang dari dalam diri sendiri.

“Tingkat kesembuhan secara umum dipengaruhi dari daya tahan tubuh pasien dan juga respon tubuh terhadap pengobatan yang diberikan,” ujar Chori.

Chori juga mengatakan, pasien yang dirawat di RS mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik. Pemkot Batu berupaya memfasilitasi kebutuhan pasien agar segera sembuh. Termasuk pasien yang berada di shelter dan isolasi mandiri di rumah.

“Seluruh pasien yang dalam perawatan di RS, dipastikan mendapat pelayanan kesehatan maupun gizi sesuai standar. Sedangkan pasien yang berada di shelter, selain asupan makanan yang sesuai standar gizi, juga diberikan suplemen multivitamin,” kata Chori.

Tak hanya itu, para pasien difasilitasi untuk beraktivitas fisik berupa senam pagi, serta disediakan juga konsultasi rohaniwan dan psikolog. Hal itu dilakukan untuk menumbuhkan kekebalan tubuh dalam diri pasien.

Pada 1 hingga 3 Agustus, Kota Batu sempat mencatat nol tambahan kasus. Namun pada 4 Agustus, ada tambahan tiga kasus baru. Dikatakan Chori, tidak adanya tambahan kasus karena hasil swab yang dikirim ke lab rujukan masih belum keluar.

“Meskipun selama 3 hari tidak ada penambahan kasus konfirm bukan berarti kondisi di Kota Batu sudah aman dari Covid-19. Kita harus tetap meningkatkan kewaspadaan dan melaksanakan protokol kesehatan,  serta berharap pandemi Covid-19 dapat kita kontrol supaya tingkat penularan dan persebaran dapat diturunkan,” ujar Chori. 

Penulis: Benni Indo
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved