Breaking News:

Virus Corona di Surabaya

Respons Pakar Pendidikan UC terkait SMP di Surabaya bakal Terapkan Pembelajaran Tatap Muka

Pakar pendidikan dari Universitas Ciputra Surabaya, Lucky Cahyana Subadi menjelaskan pembelajaran harus mengutamakan kesehatan dan keamanan.

Foto:dok pribadi
Pakar pendidikan dari Universitas Ciputra Surabaya, Lucky Cahyana Subadi. 

SURYA.co.id | SURABAYA -  Dinas Pendidikan Kota Surabaya sedang melakukan simulai pembelajaran tatap muka untuk tingkat SMP.

Simulasi tersebut guna persiapan sekolah masuk saat Surabaya kembali zona hijau (zona aman) dari penyebaran corona.

Terkait ini hal ini, pakar pendidikan dari Universitas Ciputra Surabaya, Lucky Cahyana Subadi memberikan sejumlah pandangan.

Menurutnya apapun bentuk pembelajarannya harus mengutamakan kesehatan, keamanan, dan perencanaan mengajar.

"Ini bukan perkara melakukan pembelajaran online atau offline, tapi bagaimana para pengajar atau fasilitator membuat rencana dan strategi pembelajaran yang kondusif dan aman untuk mencapai tujuan belajar," kata Lucky kepada SURYA.co.id, Rabu (5/8/2020).

Pria yang juga Kepala Teaching Learning Innovation Centre (TLIC) Universitas Ciputra  Surabaya ini menyarankan sekolah agar sekolah jauh-jauh hari sudah mulai merancang metode pembelajaran offline, agar siswa bisa belajar secara aman, tujuan belajar tercapai dan yang penting sekolah tak beresiko menjadi cluster baru penyebaran Covid-19.

"Yang perlu dipahami ini bukan hanya persoalan protokol kesehatan yang harus dilakukan, namun bagaimana mengimplementasikan rencana pembelajaran ke dalam proses mengajar yang efektif sehingga tujuan pembelajarannya tercapai," uangkap Lucky.

"Percuma tatap muka tapi guru tidak siap dengan rencana dan strategi belajar, sehingga pembelajaran malah kurang atau tidak bermakna bagi siswa," imbuhnya.

Dalam melakukan pembelajaran tatap muka, sekolah harus mampu merancangan penugasan dan penilaian yang benar benar bermakna dan melatih kompetensi siswa.

"Nilai disini tak hanya perihal menjawab soal latihan ya tapi juga bagaimana melatih kemampuan siswa dalam  menerapkan apa yang sudah dipelajari untuk menjawab kebutuhan jaman," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Zainal Arif
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved