Breaking News:

Pilbup Tuban 2020

Selain Tuban, Demokrat Berikan Rekomendasi Resmi untuk Pilkada Lamongan dan Jember

Selain memberikan rekomendasi untuk pilkada Tuban, Partai Demokrat juga telah menurunkan rekomendasinya untuk pilkada Jember dan Lamongan

ist
Partai Demokrat menurunkan rekomendasi untuk pilkada Jember, Lamongan, dan Tuban, Rabu (5/8/2020). 

SURYA.co.id, SURABAYA - Partai Demokrat kembali menurunkan rekomendasi untuk sejumlah pilkada di Jawa Timur, Rabu (5/8/2020). Selain memberikan rekomendasi untuk pilkada Tuban, partai berlambang bintang mercy ini juga menurunkan rekomendasinya untuk pilkada Jember dan Lamongan.

Rekomendasi diberikan langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Jakarta. "Pemberian rekomendasi ini dihadiri langsung oleh masing-masing pasangan calon," kata Plt Ketua DPD Demokrat Jatim, Renville Antonio kepada Surya.co.id, Rabu (5/8/2020).

Untuk pilkada Jember, Partai Demokrat memberikan rekomendasi kepada pasangan Hendy Siswanto yang berpasangan dengan Mohammad Balya Firjaun Barlaman. Kemudian, di Lamongan Partai Demokrat mengusung pasangan Yuhronur Efendi - Abdul Rouf.

Sebelum Demokrat, pasangan Yuhronur-Abdul Rouf juga telah mengantongi rekomendasi dari lima partai. Di antaranya, Partai Perindo, PAN, Partai Golkar, PPP, dan Partai Gerindra.

Sedangkan di Tuban, Partai Demokrat mengusung Aditya Halindra Faridzki-Riyadi. Halindra meupakan Ketua DPD Partai Golkar sedangkan Riyadi adalah kader Partai Demokrat.

Berdasarkan penjelasan Renville, rekomendasi tersebut diberikan atas beberapa alasan. Di antaranya, pertimbangan potensi keterpilihan yang dibuktikan melalui survei.

"Sebelumnya, kami sudah melakukan pendalaman. Nama-nama ini memang memiliki elektabilitas tinggi," kata Renville yang juga mantan Anggota DPRD Jatim tiga periode ini.

Selain itu, Demokrat juga mempertimbangkan potensi kader internal. Misalnya, di Tuban yang juga diusung sebagai Calon Wakil Bupati.

Pertimbangan terakhir juga soal koalisi. "Calon yang kami usung harus bisa meyakinkan Partai lain karena di beberapa daerah kami tak bisa mengusung tanpa koalisi," katanya.

Turunnya tiga rekomendasi di gelombang kedua ini maka total Demokrat telah memberikan rekomendasi untuk tujuh daerah di Jatim. Sebelumnya, Demokrat sudah memberikan rekomendasi untuk Gresik (Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) - Aminatun Habibah) serta Mojokerto (Ikfina Fahmawati- Muhammad Al Barra).

Kemudian, Sumenep (Fattah Jasin - Mohammad Ali Fikri A. Warits) dan Ngawi (Ony Anwar- Dwi Rianto Jatmiko). Besar kemungkinan 12 daerah lain akan menyusul dalam waktu dekat.

Di antaranya Kabupaten Pacitan. "Sekarang masih dalam pendalaman untuk beberapa hal tersebut. Selanjutnya, rekomendasi akan diberikan dalam waktu dekat," kata Renville. 

Daftar Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati yang diusung Partai Demokrat di Jawa Timur:

1. Gresik: Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) - Aminatun Habibah
2. Mojokerto: Ikfina Fahmawati- Muhammad Al Barra
3. Sumenep (Fattah Jasin - Mohammad Ali Fikri A. Warits)
4. Ngawi (Ony Anwar - Dwi Rianto Jatmiko).
5. Jember: Hendy Siswanto - Mohammad Balya Firjaun Barlaman
6.Lamongan: Yuhronur Efendi - Abdul Rouf
7. Tuban: Aditya Halindra Faridzki - Riyadi

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved