Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Investasi Jatim Tumbuh 59,2 Persen di Tengah Pandemi, Surabaya Tertinggi Capaian PMA

Meski di tengah pandemi covid-19, investasi Jawa Timur ternyata masih terus tumbuh.

SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Meski di tengah pandemi covid-19, investasi Jawa Timur ternyata masih terus tumbuh.

Terbukti, dari data kinerja investasi Jawa Timur semester I Tahun 2020 tercatat pertumbuhan yang menggembirakan yakni 59,2 persen year on year.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa pertumbuhan ini menjadi Kabupatenar gembira dan membuktikan bahwa memang Jawa Timur masih menjadi primadona para investor.

"Ahamdulillah ini menjadi berita baik bagi perekonomian Indonesia. Jatim masih menjadi salah satu primadona investasi bagi para investor dalam negeri maupun investor asing yang akan menanamkan modalnya di Indonesia," ungkap Khofifah, Rabu (5/8/2020).

Berdasarkan data rilis resmi BKPM RI, pada periode Januari – Juni 2020 ini, total investasi baik dari Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di Jatim tembus Rp 51 triliun.

Jumlah yang terdiri dari PMA sebesar Rp 12,5 triliun dan PMDN sebesar Rp 38,4 triliun.

Secara nasional, capaian ini menduduki peringkat kedua, setelah Jawa Barat yang mencatatkan angka realisasi Rp 57,9 triliun. Di urutan ketiga bertengger DKI Jakarta dengan angka Rp 50,2 triliun.

Menurut Khofifah, bukan pekerjaan mudah mencapai angka tersebut karena adanya pandemi covid-19 yang berdampak pada pelemahan perekonomian dunia.

Ia menjelaskan realisasi PMDN Jawa Timur disokong beberapa sektor utama yakni sektor transportasi, gudang dan telekomunikasi. Tiga sektor ini menyumbang angka Rp 18,72 triliun.

Kemudian sektor Perumahan, Kawasan Industri dan Perkantoran dengan kontribusi Rp 3,69 triliun.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved