Breaking News:

Citizen Reporter

Siswa Gresik Juarai MTQ Internasional, Rekaman Suara Merdu Indana Badi’ah Dikirim Online

Indana Badi’ah (22) meraih juara 2 dalam lomba Iqra Quran Recitation Competition 2020 yang diselenggarakan oleh Iqranetwork Amerika Serikat.

Foto: istimewa
Indana Badi’ah saat bersama Wabup Gresik M Qosim. 

SURYA.co.id | Pandemi tidak menyurutkan prestasi anak bangsa di kancah internasional.

Itu seperti yang dilakukan Indana Badi’ah (22) dari Desa Sumberejo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik.

Ia telah mengikuti lomba MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an) tingkat iInternasional sebagai salah satu perwakilan Indonesia.

Indah adalah nama panggilannya. Ia meraih juara 2 dalam lomba Iqra Quran Recitation Competition 2020 yang diselenggarakan oleh Iqranetwork Amerika Serikat.

Suara Indah sangat merdu dalam rekaman yang dikiriman ke panitia lomba.

“MTQ ini dilakukan secara online karena pandemi. Peserta yang mengikuti lomba begitu banyak, sekitar 8.000 orang dari 69 negara. Saya sangat tidak menyangka dapat lolos dari babak penyisihan hingga final,” kata Indah, Selasa (23/6/2020).

Penyisihan dilakukan dengan cara mengirimkan video lalu dikirimkan ke Iqronetwork. Ia mendapat informasi lomba itu dari temannya.

“Saya langsung mendaftar dan diberi maqro yang harus dibaca, yaitu surat Maryam ayat 1-7,” cerita Indah.

Menurutnya, bisa mengikuti lomba ini dan lolos dalam penyisihan merupakan kebanggaan karena bisa membanggakan orang tua sekaligus bangsa Indonesia. Babap penyisihan dilaluinya.

“Saat pengumuman 50 finalis pada 13 Mei 2020, saya tidak menyangka bisa lolos. Finalis kemudian dibagi menjadi lima kelompok dan saya berada di kelompok 3 dan ambil janji dengan Syekh Muhammad Ashraf melalui aplikasi Zoom untuk final pada 16 Mei 2020,” sambungnya.

Saat final ini, ia juga harus mengirim video berbahasa Inggris berisi identitas diri, asal negara, hingga nama guru. Video selanjutnya berisi perjalanan belajar Alquran dari awal hingga bisa menjadi seperti sekarang.

“Setelah semua babak dilalui baru pengumuman pemenang lewat media sosial yaitu Instagram. Saya sangat tidak menyangka bisa mendapatkan juara. Perasaan ya Alhamdulillah senang, bersyukur,” kata Indah.

Yang juga tidak disangka, juara satu dari lomba Iqra Quran Recitation Competition 2020 itu juga berasal dari Indonesia. Juara ketiga berasal dari Amerika.

Firdeana Fitrotul Ula
Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
dianrsy12@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved