Breaking News:

Citizen Reporter

KKN Pulang Kampung UM Bagikan 1.000 Masker Gratis, Upaya Mahasiswa Cegah Penyebaran Covid-19

KKN Pulang Kampung Nganjuk Universitas Negeri Malang (UM) membagikan 1.000 masker gratis untuk warga Desa Sumberurip Kecamatan Berbek.

Foto: istimewa
Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) saat membagikan 1.000 masker gratis kepada warga Desa Sumberurip Kecamatan Berbek, Kabupaten Nganjuk. 

SURYA.co.id | KKN Pulang Kampung Nganjuk Universitas Negeri Malang (UM) membagikan 1.000 masker untuk warga Desa Sumberurip Kecamatan Berbek secara gratis.

Pembagian masker kain yang berlangsung dua hari, Senin-Selasa (15-16/6/2020) untuk masyarakat yang rentan terkena Covid-19 dan kurang mampu dari segi ekonomi.

Masker kain yang dibagikan merupakan upaya mahasiswa untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19.

Adapun pembagian masker dilaksanakan dengan meminta bantuan RT dan sebagian dibagikan oleh mahasiswa KKN. Terdapat lima dukuh atau dusun yang dibagikan masker di antaranya Dukuh Sembung, Dukuh Bujel, Dukuh Brayung, Dusun Pengkol, dan Dusun Tirip.

Masker yang dibagikan merupakan hasil karya dari mahasiswa mulai dari proses pembelian sampai dengan pengemasan. Pemilihan untuk bahan membuat masker yaitu kain yang lumayan halus dan tebal.

Hasil kain yang dipilih kemudian dipotong dan dibagikan ke semua mahasiswa KKN Desa Sumberurip untuk dijahit.

Pembuatan 1.000 masker itu memakan waktu seminggu yang dilakukan secara mandiri oleh 22 mahasiswa.

Proses pengemasan masker dilakukan dengan bungkus plastik. Setiap satu plastik berisi dua masker.

Penanggung jawab program kerja itu juga mengatakan, dengan pembagian masker sebagai bentuk edukasi pentingnya melindungi diri dari kondisi pandemi.

Pembagian masker gratis dari mahasiswa KKN UM itu diharapkan dapat bermanfaat untuk warga yang memang membutuhkan, karena perlu diketahui memang harga masker juga mahal.

“Diharapkan agar masyarakat bisa mematuhi arahan pemerintah untuk melindungi diri dengan menggunakan masker. Pembagian masker kain ini juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar dapat membuat sendiri masker dari kain.” tutur Merlisa, salah satu mahasiswa.

Warga Desa Sumberurip, salah satunya Nyami yang berusia 57 tahun mengatakan sangat senang mendapatkan masker.

“Saya merasa sangat senang, karena membantu kami juga dalam menjaga kesehatan selama pandemi ini. Nanti kalau keluar rumah atau bepergian pasti saya pakai,” tuturnya.

Riska Febrianti
Mahasiswa Administrasi Pendidikan
Universitas Negeri Malang
riskafebrianti122@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved