Breaking News:

Virus Corona di Surabaya

Fraksi PSI Tolak Pembukaan Kembali SMP Kota Surabaya di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Alasannya

Fraksi Partai Solidaritas Indonesia menolak rencana pembukaan kembali pembelajaran tatap muka jenjang SMP Kota Surabaya di tengah pandemi covid-19

surya.co.id/ahmad zaimul haq
Guru saat mengikuti simulasi pembelajaran tatap muka jenjang SMP yang digelar Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya di SMPN 15 Surabaya, Senin (3/8/2020). Simulasi digelar bergiliran pada sekolah yang masuk dalam 21 pilot project untuk pembelajaran tatap muka. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menolak rencana pembukaan kembali sekolah jenjang SMP Kota Surabaya di tengah pandemi covid-19.

Fraksi di DPRD Surabaya ini menentang kebijakan tersebut karena berurusan dengan nyawa anak.

"Batalkan saja rencana tersebut, Surabaya belum siap untuk membuka kembali sekolah" ujar Ketua Fraksi PSI William Wirakusuma, Selasa (4/8/2020).

Sebaiknya kebijakan yang menyangkut keselamatan anak di tengah situasi pandemi ini harus berdasarkan pertimbangan ilmiah.

Tidak hanya data tingkat kesembuhan, tapi juga pertimbangan lainnya.

William menyebutkan misalnya indeks persepsi risiko masyarakat karena ini menyangkut keselamatan anak-anak.

Fraksi PSI ini menyebutkan hasil survei yang dilakukan oleh Laporcovid19.org bekerja sama dengan Nanyang Technology (NTU) posisi sampai dua minggu lalu nilai indeks persepsi risiko Surabaya masih di angka 3,42.

Idealnya indeks persepsi risiko di suatu daerah atau wilayah harus mencapai di atas 4,00 untuk bisa melakukan pelonggaran sosial.

Atas pertimbangan inilah Ketua Fraksi PSI menilai Kota Surabaya masih jauh dari siap untuk melakukan pelonggaran beberapa sektor publik yang rentan penularan termasuk sekolah.

"Tingkat kesembuhan memang bertambah, namun awareness tentang risiko atau bahaya virus corona masih kurang. Jangan mempertaruhkan keselamatan anak-anak" tegas William.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved