Grahadi

Pemprov Jatim

SKB CPNS Pemprov Jatim Dilaksanakan Awal September 2020, Peserta Bisa Memilih Tempat Tes

Para peserta yang sudah diumumkan lolos ke tahap SKB tes CPNS Pemprov Jatim tahun 2019 diharapkan segera mempersiapkan diri.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Kepala BKD Pemprov Jatim, Nur Kholis. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Timur memastikan, bahwa Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk CPNS 2019 akan dimulai awal bulan September 2020 mendatang.

Kepastian itu didapatkan BKD Jatim setelah berkoordinasi intensif dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Para peserta yang sudah diumumkan lolos ke tahap SKB tes CPNS Pemprov Jatim tahun 2019 diharapkan segera mempersiapkan diri.

Kepala BKD Pemprov Jatim, Nur Kholis mengatakan bahwa dalam penyelenggaraan SKB, Pemprov Jatim memang tidak memiliki banyak peran sebagaimana pada tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Seperti tempat pelaksanaan tes SKB, nantinya juga disiapkan langsung oleh BKN di kantor BKN, maupun di tempat-tempat yang telah ditentukan oleh BKN.

“Penyelenggaranya tetap BKN, kalau saat SKD kemarin kan kami sewakan tempat di Unesa, untuk SKB ini nanti di kantor BKN dan peserta bisa memilih untuk menentukan tesnya di mana,” kata Nur Kholis, Senin (3/8/2020).

Teknisnya, dikatakan Nur Kholis, bahwa peserta yang akan melakukan tes SKB, mereka mendaftarkan diri dulu melalui website yang disediakan pansel tes CPNS dan mengisi lokasi tes yang akan dilakukan.

Misalnya ada peserta yang bekerja di kota atau kabupaten lain di luar tempat tinggalnya bisa memilih tempat yang dekat dengan domisilinya.

Hal ini dilakukan dalam rangka menghindari mobilitas masyarakat dalam jumlah besar untuk bisa mengikuti tes SKB CPNS. Mengingat sampai saat ini pandemi covid-19 juga masih belum selesai dan vaksin belum ditemukan.

“Jadwal resminya masih belum keluar. Tapi estimasi fix-nya adalah awal September. Jadi mohon mempersiapkan diri semuanya dan tetap in touch dengan website maupun sarana informasi seleksi CPNS,” tegas Nur Kholis.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa kantor BKN yang ada maupun lokasi yang ditunjuk nantinya dimungkinkan juga tidak akan banyak menampung peserta tes.

Sehingga pelaksanaan SKB dipastikan akan lebih lama, karena harus dilakukan dalam beberapa shift.

Misalnya dalam sekali shift pesertanya sejumlah 150 orang, sehingga jika dalam sehari ada tiga shift maka maksimal dalam sehari bisa dilakukan tes untuk 450 orang peserta.

Sebagaimana diketahui hasil SKD CPNS Pemprov Jatim 2019 sudah diumumkan pada tanggal 20 Maret 2020 lalu. Total ada sebanyak 4.778 peserta CPNS Pemprov Jatim yang dinyatakan lolos dari SKD dan berhak melanjutkan ke tahap SKB.

Jumlah tersebut akan mengisi 1.817 formasi yang dibuka dari berbagai OPD dan instansi yang ada di Pemprov Jawa Timur. Jumlah yang lolos adalah 3 kali jumlah formasi yang dibuka.

Namun karena adanya pandemi covid-19, maka teknis untuk pelaksanaan SKB masih belum diumumkan oleh BKN hingga saat ini.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved