Breaking News:

Berita Banyuwangi

Ipuk Fiestiandani : Ketahanan Pangan Kunci Hadapi Pandemi Covid-19 dan Pulihkan Ekonomi

Tim Penggerak PKK Banyuwangi mendorong peningkatan ketahanan pangan daerah dan keluarga

Foto Humas Pemkab Banyuwangi
Tim Penggerak PKK Banyuwangi terus mendorong peningkatan ketahanan pangan daerah dan keluarga. 

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI - Tim Penggerak PKK Banyuwangi mendorong peningkatan ketahanan pangan daerah dan keluarga sebagai solusi kunci menghadapi pandemi Covid-19 sekaligus memulihkan ekonomi lokal.

”Ketahanan pangan tidak hanya terkait pemenuhan kebutuhan tubuh pada setiap jiwa di keluarga, tapi juga berkaitan erat dengan bagaimana ekonomi lokal bergerak, karena besarnya kontribusi sektor pertanian ke perekonomian daerah,” ujar Ketua Tim Penggerak PKK Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Senin (3/8/2020).

Ipuk menjelaskan, ketahanan pangan berdimensi pada dua hal.

Pertama, kemampuan daerah menjaga produktivitas sektor pertanian. Kedua, kemampuan masyarakat untuk mengakses bahan pangan.

”Artinya, ada faktor supply and demand. Dan itu berkaitan dengan soal kesejahteraan tiap-tiap rumah tangga. Ini penting diperhatikan agar pandemi Covid-19 bisa kita lewati dengan baik, sekaligus upaya pemulihan ekonomi bisa cepat dilakukan karena sebagian besar pelaku usaha lokal bergerak di sektor pertanian dengan berbagai subsektor dan turunannya,” papar Ipuk.

Ipuk juga mengungkapkan perlunya kewaspadaan karena organisasi dunia seperti Food and Agriculture Organization (FAO) mengingatkan adanya potensi krisis pangan baru yang mempengaruhi ketahanan pangan suatu wilayah di masa pandemi Covid-19.

Meski Banyuwangi relatif aman karena pasokan pangan cukup berlebih, Ipuk tetap mengingatkan perlunya antisipasi semua pihak terutama dalam memperbaiki aspek permintaan atau daya beli warga yang terpukul saat ini.

Terlebih, belum ada yang tahu kapan pandemi ini akan berakhir.

Oleh karena itu, PKK Banyuwangi pun mendorong sejumlah langkah untuk membangun ketahanan pangan keluarga.

PKK mulai membagikan bibit tanaman kepada para kader PKK untuk mendukung ketahanan pangan keluarga.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved