Breaking News:

Virus Corona di Surabaya

Seperti Ini Inovasi Warga Wonocolo Jemur Wonosari Surabaya untuk Mencegah Covid-19

Berbagai cara dilakukan untuk mengedukasi masyarakat mengedepankan protokol kesehatan guna mencegah penularan virus covid-19.

tribun jatim/samsul arifin
Kampung Wonocolo RT 03 RW 05 Kelurahan Jemur Wonosari Surabaya yang berinovasi dengan membuat Kampung Lalu Lintas Steril Covid-19. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Berbagai cara dilakukan untuk mengedukasi masyarakat mengedepankan protokol kesehatan guna mencegah penularan virus covid-19.

Warga Wonocolo RT 03 RW 05 Kelurahan Jemur Wonosari Surabaya berinovasi dengan membuat Kampung Lalu Lintas Steril Covid-19.

Berawal dari banyaknya warga yang terpapar hingga ada yang meninggal dunia dengan status PDP, sehingga muncul ide membuat kampung tersebut.

Ali (38) penggagas ide ini, mengambil tema lalu lintas karena dirinya tidak ingin banyak imbauan yang ditempel di tembok tanpa mengindahkan estetika.

"Cara ini simpel dalam mengingatkan warga melalui rambu-rambu Covid yang kita pasang di depan pintu masuk kampung," ujarnya, Minggu (2/8/2020).

Masih kata Ali, ada 3 rambu-rambu covid yang dipasang di pintu masuk kampung.

Pertama, dilarang masuk tanpa menggunakan masker, kedua, hati-hati jaga jarak minimal 1,5 meter dan ketiga, dilarang berhenti mematuhi protokol covid.

"Rambu-rambu tersebut untuk mengingatkan warga betapa pentingnya menjaga diri dengan mematuhi protokol covid agar tidak menjadi pasien baru atau menambah daftar pasien rumah sakit," terangnya.

Dari tiga warna traffic light pada umumnya, juga memiliki makna masing-masing.

Bila warna kuning dinyalakan maka maknanya hati-hati.

Halaman
12
Penulis: Samsul Arifin
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved