Travel

Libur Idul Adha 2020, Jumlah Penumpang Domestik di Bandara Juanda Alami Peningkatan

Peningkatan jumlah penumpang penerbangan domestik di Bandara Juanda Surabaya di libur panjang Idul Adha 2020.

surya.co.id/ahmad zaimul haq
Penumpang pesawat di Terminal 1 Bandara Juanda Surabaya. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Perayaan Hari Raya Idul Adha 2020 yang jatuh pada Hari Jumat (31/7/2020), dimanfaatkan sebagian pengguna jasa bandara untuk bepergian.

Hal itu nampak pada peningkatan jumlah penumpang penerbangan domestik di Bandara Juanda Surabaya.

"Empat hari menjelang Idul Adha kemarin atau sejak Senin (27/7/2020) hingga Kamis (30/7/2020), sebanyak 50.692 penumpang telah dilayani Bandara Juanda Surabaya," kata General Manager Bandara Internasional Juanda Surabaya, Kol. (P) Heru Prasetyo, Minggu (2/8/2020).

Bahkan, selama periode Bulan Juli ini, dikatakan Heru, rata-rata pihaknya melayani 10 ribu penumpang per hari.

"Namun, sejak Senin hingga Kamis kemarin jumlah penumpang di atas 11 ribu, kami memprediksi ini dikarenakan libur Hari Raya Idul Adha pada Hari Jumat, sehingga pengguna jasa memiliki waktu lebih untuk pulang atau bepergian," tambahnya.

Pihaknya juga memperkirakan hingga Senin (3/7/2020) besok, jumlah pergerakan penumpang masih akan stabil di atas rata-rata karena arus balik libur Idul Adha.

Heru juga mengakui, di antara 15 bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I (Persero), Bandara Internasional Juanda merupakan salah satu bandara dengan pertumbuhan penumpang tertinggi selama Periode Bulan Juli.

“Secara akumulatif hingga tanggal 30 Juli, kami telah melayani sejumlah 319.609 penumpang domestik. Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yakni 1,2 juta penumpang, memang terjadi penurunan jumlah penumpang sebesar 75 persen yang diakibatkan masih belum pulihnya dunia penerbangan karena dampak pandemi. Namun, seiring waktu berjalan jumlah penumpang harian di Bandara Juanda terus tumbuh, saat ini di kisaran 10 hingga 11 ribu penumpang per harinya. Masih cukup jauh jika dibanding situasi normal sebelum pandemi yakni 50-52 ribu penumpang per hari,” papar Heru.

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved