Breaking News:

Berita Mojokerto

Daerah di Mojokerto Paling Parah Krisis Air Bersih Pada Musim Kemarau

Warga di lereng Gunung Penanggungan, tepatnya di desa Kunjorowesi, kecamatan Ngoro, kabupaten Mojokerto mengalami krisis air bersih.

surya.co.id/mohammad romadoni
Warga terdampak krisis air bersih mengantre saat mengambil air dari mobil tangki di Dusun Kandangan, Desa Kunjorowesi, Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto. 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Warga di lereng Gunung Penanggungan, tepatnya di desa Kunjorowesi, kecamatan Ngoro, kabupaten Mojokerto mengalami krisis air bersih

Dari tiga dusun di desa tersebut, dusun Kandangan mengalami krisis air bersih paling parah. 

"Di Dusun Kandangan ada 202 kepala keluarga yang mengalami kesulitan air bersih," ujar Kades Kunjorowesi, Darsono, Minggu (2/8/2020).

Ia mengatakan Pemerintah Desa telah berupaya membantu warga yang mengalami krisis air bersih di wilayahnya. Pihaknya telah mengirim surat permohonan bantuan pada Pemerintah Daerah melalui BPBD sekitar sepekan lalu.

"Sudah datang Dropping air dari mobil tangki BPBD namun krisis air bersih yang terjadi setiap tahun pada musim kemarau biasanya juga ada bantuan dari komunitas atau perusahaan yang memberikan air bersih untuk kebutuhan warga," ungkapnya.

Menurut dia, kemungkinan Dropping air bersih dari mobil tangki BPBD tidak banyak lantaran masih ada desa lain seperti di Manduro dan Mangungajah yang pada waktu bersamaan juga mengirimkan surat permohonan bantuan air bersih.

"Bantuan air bersih dari BPBD kemarin sekitar dua mobil tangki namun sampai sekarang belum ada lagi mungkin dibagi atau gantian sama desa sebelah," jelasnya.

Pihak Pemerintah Desa belum dapat memastikan bantuan Dropping air dari mobil tangki air BPBD akan kembali
untuk memasok kebutuhan air warganya.

"Saya belum tahu pasti kapan datang bantuan air bersih dari yang lain. Namun tadi ada bantuan 6 tangki air bersih
dari komunitas tapi kendaraannya tidak bisa naik karena terkendala jalan terjal," ucapnya.

Ditambahkannya, sebenarnya kesulitan air bersih di wilayahnya sudah seringkali terjadi setiap tahun pada musim kemarau. Solusi terbaik adalah pipinisasi karena daerah pegunungan dataran tinggi sehingga mata air sangat jauh dan penyalurannya melalui pipa ke rumah warga.

"Kami berharap pemerintah daerah bisa membantu warga mencukupi persediaan air bersih dan agar bisa secepatnya menuntaskan pipinisasi agar sebagian wilayah di Dusun Kandangan dapat dialiri air," tandasnya. 

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved